Close

" The Character Building University "

Dosen Dan Ketua Prodi Berprestasi UNIMED Tahun 2015

08/07/2015

Universitas Negeri Medan memiliki program apresiatif bagi civitas yakni kegiatan pemilihan dosenberprestasi dan ketua program studi berprestasi yang dilaksanakan secara priodik setiap tahun. Kegiatan pemilihan dosen berprestasi ini merupakan upaya mendorong semangat tenaga pengajar (dosen) untuk lebih berprestasi dan berkemampuan pada profesinya sebagai pengajar sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sedangkan pemilihan ketua prodi berprestasi juga memacu agar semua ketua prodi semakin berupaya melakukan perubahan sistem manajemen akademik dan pelayanan terbaik bagi civitas prodi sesuai standar BAN-PT. Kegiatan pemilihan dosen dan ketua prodi berprestasi dilaksanakan pada selasa, 30 Juni 2015 di ruang sidang A Biro Rektor Unimed.

Tim penilai pada pemilihan dosen berprestasi adalah Rektor, Wakil Rektor, dan Dekan, sedangkan tim penilai untuk pemilihan ketua prodi berprestasi yakni para wakil dekan fakultas di lingkungan Unimed.

Adapun hasil penilaian yang dilakukan oleh tim penilai, diputuskan bahwa nama Dosen Berprestasi I : Dr. Pardomuan Sitompul, S.Si. M.Si, dengan NIP 196911261997021001, dosen Program Studi Matematika FMIPA Unimed. Dosen Berprestasi II : Dr. Anni Holila Pulungan, M.Hum, dengan NIP 197005222001122001, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unimed, dan Dosen Berprestasi III : Janter P. Simanjuntak, S.T. M.T. Ph.D. dengan NIP 197104101999031002, dosen Program Studi Teknik Mesin FT Unimed. Karya unggulan ketiga dosen berprestasi tersebut yakni : Dr. Pardomuan Sitompul berhasil menemukan rumus matematika baru yaitu rumus persamaan difusi reaksi, sedangkan Dr. Anni Holila Pulungan menemukan hasil pengaruh otak kiri dan otak kanan dalam menulis, sementara Janter P. Simanjuntak, Ph.D berhasil menulis artikel di jurnal internasional.

Sedangkan nama Ketua Program Studi Berprestasi I : Drs. Suryadi Damanik, M.Kes, dengan NIP 196712241993031002, sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FIKUnimed. Ketua Program Studi Berprestasi II : Drs. Mangarap Sinaga, M.S, dengan NIP 195208151980111001, sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE Unimed, dan Ketua Program Studi Berpreatasi III : Dr. Baharuddin, ST. M.Pd, NIP 196612311992031020, sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.

Ketua panitia pemilihan dosen dan ketua program studi berprestasi Dr. Lisyanto, M.Si, mengatakan bahwa yang menjadi kriteria penilaian yang digunakan dalam pemilihan dosen berprestasi Unimed adalah : a) presentasi karya tulis ilmiah/karya seni prestasi unggulan, b) tanya jawab dengan tim penilai setelah persentasi hasil karya ilmiah, c) penilaian kepribadian. Sedangkan untuk penilaian ketua Prodi berprestasi yang menjadi acuannya yakni : a) penilaian dokumen deskripsi diri yang mencakup ; perjalanan karis, pengembangan kualitas pembelajaran, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan, pelaporan kinerja Prodi, kerjasama nasional dan internasional, karakter kepribadian, etos kerja, integritas diri, keterbukaan terhadap kritik dan peran sosial. b) penilaian presentasi dan tanya jawab karya inovasi unggulan dibidang pengelolaan program.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan bahwa program pemilihan dosen dan ketua prodi berprestasi di Unimed merupakan program yang akan terus akan kita laksanakan setiap tahunnya, karena program ini diharapkan harus mendorong para dosen Unimed untuk terus berupaya menjadi yang terbaik dalam menghasilkan pola pengajaran yang lebih efektif, menghasilkan karya ilmiah/karya seni unggulan dan terbarukan serta mampu melahirkan program baru dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jika semua dosen Unimed berupaya dengan serius terhadap tiga poin tersebut dan mampu menghasilkan secara maksimal, maka pastinya akan mendukung kemajuan Unimed menjadi perguruan tinggi terbaik dan berprestasi. Saya sangat berkeinginan agar semua dosen Unimed itu terus melakukan upaya dengan serius dalam melakukan perubahan terbaik dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, karena sesungguhnya tiga hal itu merupakan kewajiban seorang dosen. Akan tetapi kita sebagai pimpinan Unimed akan terus mendorong, memberikan fasilitas, dan dukungan agar para dosen mampu mencapai keberhasilan dalam tiga bidang tersebut. Salah satu terobosan untuk mendukung harapan tersebut adalah dilakukannya pemilihan dosen dan ketua Prodi berprestasi ini.

Sementara Wakil Rektor I Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd, mengatakan bahwa program ini merupakan program tahunan yang aktif kita laksanakan selama ini. Unimed itu memiliki 41 progam Studi dan 1000 tenaga pengajar (dosen). Dari jumlah data yang besar ini, kegiatan pemilihan dosen dan ketua Prodi berprestasi sangat ketat dan selektif persaingannya. Kegiatan ini dilakukan melalui seleksi terlebih dahulu pada tingkat fakultas yang dilakukan oleh para dekan, setelah itu baru dilakukan penilaian oleh tim penilai pada tingkat universitas. Kita berharap kegiatan ini akan mendukung terus terciptanya budaya akademik yang sehat, dosen aktif meneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Semoga Unimed akan terus menjadi universitas yang maju dan dekat dengan masyarakat, serta menjawab semua harapan stakaholders. Amin. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW