Close

" The Character Building University "

Jurusan Penmas UNIMED Perkuat Kerjasama, Tingkatkan Kolaborasi dan Eksistensi

Jurusan Pendidikan Masyarakat (Penmas) FIP Universitas Negeri Medan menjalin kerja sama kemitraan dengan SMK Negeri 9 Kota Medan pada Senin, (29/03). Kerjasama ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan masing-masing lembaga, baik lulusan program studi pendidikan masyarakat maupun SMK Negeri 9. Kegiatan ini disimbolisasikan melalui penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama yang masing-masing ditandatangani pimpinan kedua institusi yakni Dr. Sudirman, SE, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Masyarakat FIP UNIMED dan Sukardi, S.Pd, MM. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Kota Medan. Kegiatan tersebut berlangsung di SMK Negeri 9 kota Medan yang dihadiri oleh beberapa Dosen Prodi Penmas bersama Pengurus Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat (IKAPLUSDIKMAS).

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMKN 9 Medan Sukardi, S.Pd, MM. menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya terhadap jurusan pendidikan masyarakat yang sudah bersedia menjalin kerja sama dengan SMK Negeri 9 yang notabennya secara keilmuan memiliki irisan yang erat dengan prdi pendidikan masyarakat. Beliau berharap dengan adanya perjanjian kerja sama ini akan membawa dampak yang positif kepada lulusan SMKN 9 Medan pada bidang Pekerja Sosial dan senantiasa bersedia menerima informasi, ilmu yang terupdate terkait pekerja sosial dari perguruan tinggi khususnya prodi Penmas Unimed.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Penmas Dr. Sudirman, SE, M.Pd. mengungkapkan bahwa perjanjian kerjasama ini merupakan kesepakatan yang pertama kali dilakukan oleh Prodi Penmas pada SMK Negeri yang notabennya adalah sekolah formal. Hal tersebut sudah menjadi kajian kami di prodi bahwa SMKN 9 dapat menjadi mitra prodi yang bisa memunculkan simbiosisi mutualisme. Dosen Penmas dapat melibatkan mahasiswa serta siswa SMKN 9 ini dalam sebuah kegiatan projek mata kuliah mahasiswa sehingga siswa SMKN 9 memiliki pengalaman yang lebih selama menempuh pendidikan di SMKN 9.

Selain hal tersebut, beberapa poin kerja sama yang disepakati antara lain : Pengembangan kurikulum pekerja sosial, Visit Lecture, Kegiatan Praktik pembelajaran dan berbagai bentuk kerja sama lainnya yang semua itu diatur dalam perjanjian kerja sama tahun 2021.

Pada hari yang sama Jurusan Penmas Unimed juga menjalin kerja sama untuk pertama kalinya dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Budi Utomo Kota Binjai dan memperpanjang perjanjian kerja sama dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Binjai, dan Kelurahan Tanah Merah Kota Binjai. Harapannya kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada kedua belah pihak. khususnya pada prodi penmas semoag dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdiannya yang akan berdampak pada kualitas lulusan Penmas sehingga menjadi lulusan yang unggul di Indonesia. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW