Close

" The Character Building University "

Prof. Syawal Gultom, Dipercaya Kemdikbud Kembali Sebagai Ketua Pelaksana UKMPPG di Indonesia

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. diangkat dan dipercaya kembali oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Ketua Pelaksana Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) di Indonesia. Pengangkatan ini tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Tahun 2021 yang dikeluarkan pada 4 Maret 2021. Berkenaan dengan telah ditetapkannya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22/P/2021 tentang Panitia Nasional Uji Kompetensi pada 2 Maret 2021 yang ditandatangani langsung oleh Mendikbud RI.

Prof. Syawal Gultom, memiliki kepedulian, keahlian, pengalaman dan tanggungjawab yang tidak diragukan lagi secara nasional. Sudah belasan tahun beliau konsen dan membantu pemerintah dalam dibidang pengembangan kompetensi guru dan kualitas mutu SDM guru, serta kualitas pendidikan di Indonesia. Sejak beliau diangkat sebagai Rektor Unimed periode 2007-2011, dan dipercaya Mendikbud saat itu Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA, sebagai Kepala BPSDMPK-PMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) dengan masa jabatan 2011-2015. Setelah usai masa pengabdiannya di Kemdikbud sebagai Kepala Badan, beliau mengabdikan dirinya kembali di kampus Unimed, dan dipercaya kembali oleh Seluruh Anggota Senat Universitas sebagai Rektor Unimed untuk masa periode 2015-2019. Di kampus Unimed saat ini beliau dipercaya sebagai Ketua Senat Unimed untuk periode 2019-2024.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes. dikantornya mengatakan kami pimpinan Unimed merasa sangat bangga dan terharu, karena salah satu dari dosen Unimed kembali dipercaya oleh Kemendikbud RI sebagai ketua pelaksana UKMPPG di Indonesia. Kami pimpinan dan seluruh civitas sangat bersyukur dan semoga prestasi beliau ini bisa menjadi semangat bagi semua dosen dan tendik untuk terus berkarya, berprestasi dan mengabdikan dirinya bagi kemajuan bangsa.

Lanjut Rektor, kami seluruh civitas Unimed mengucapkan selamat kepada Bapak Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. yang telah diamanahkan kembali sebagai Ketua Pelaksana UKMPPG di Indonesia. Hal ini juga menjadi kebanggaan kita semua seluruh civitas. Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbud, karena telah memberi kepercayaan kepada salah seorang dosen terbaik Unimed dan saya yakin beliau (Prof. Syawal), akan mengerahkan seluruh kemampuan, tenaga dan keahliannya untuk memberikan kontribusi terbaik kepada negara dan bangsa Indonesia melalui program PPG.

Saat di komfirmasi Tim Humas di kantornya, Prof. Syawal Gultom, mengucapkan terima kasih dan ini merupakan amanah dan kepercayaan dari pemerintah yang harus saya emban dengan penuh tanggung jawab, bersama teman-teman tim lainnya dalam mengoptimalkan program PPG ini, dapat memberikan kontribusi yang maksimal agar program PPG ini menghasilkan guru-guru yang dapat menjadi motor penggerak untuk kemajuan kualitas mutu pendidikan di Indonesia. Warisan terbaik dari proses pendidikan bagi bangsa ini adalah bagaimana mewariskan cara berpikir generasi muda bangsa ini, dan itu ada pada sekolah, di sinilah peran penting seorang guru. Pada program PPG ini, tanggungjawab penting dalam mengembangkan mutu SDM guru dan kualitas pendidikan Indonesia diamanahkan.

Lanjut Prof. Syawal, saya bersama tim akan mengerahkan semua tenaga dan kemampuan kami, agar program PPG ini sukses menghantarkan guru-guru di Indonesia menjadi profesional, bertanggungjawab atas profesinya, membentuk jiwa guru agar menjadikan profesinya ini sebagai panggilan jiwa dan akvitiasnya menjadi nilai ibadah, serta program ini sukses memajukan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.(Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW