Close

" The Character Building University "

Persiapkan Mahasiswa Jadi Guru Profesional, UNIMED Koordinasi dengan Sekolah Mitra Pelaksana PLP

Universitas Negeri Medan melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Kepala Sekolah Mitra pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I Mahasiswa Unimed Tahun 2021, melalui zoom meeting pada Senin (15/3/2021). Pelaksanaan PLP I diikuti Mahasiswa Unimed sebanyak 4011 orang yang berasal dari 7 fakultas pada 35 Program studi . Ada sebanyak 11 TK, 35 SD, 38 SMP/MTs, 53 SMA/MA, 47 SMK dan 10 PKBM/SKB dan seluruh peserta PLP I Tahun 2021.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes. Turut mengahadiri diantaranya Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua LPPM, Ketua LPPMP, Wakil Dekan, ,Sekretaris LPPM, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Dosen Pembimbing Lapangan PLP I, Kepala Sekolah Mitra PLP I dan Ketua Pelaksana PLP Unimed Drs. Jamalum Purba, M.Si.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes. dalam sambutannya mengatakan “Mata kuliah PLP adalah suatu tahapan dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan, berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang. Mata kuliah PLP I merupakan mata kuliah wajib yang harus dilaksanakan oleh LPTK. Tujuan PLP I adalah agar mahasiswa memiliki landasan jati diri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Hal ini mengarah pada keempat kompetensi pendidik yang ditetapkan dalam Permendiknas No 16 tahun 2007. Kompetensi tersebut antara lain kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan social”.

Drs. Jamalum Purba, M.Si. mengatakan “ Salah satu mata kuliah mahasiswa angkatan 2019 adalah pengenalan Lapangan Persekolahan I. Mata kuliah PLP I dilakasanakan di kampus dan sekolah mitra sehingga perlu dilakukan rapat koordinasi agar pelaksanaan PLP I berjalan dengan baik. Saat ini pelaksanaan perkuliahan di Unimed masih dalam jaringan sehingga pelaksanaan PLP I dirancang dalam jaringan.

Dalam paparannya, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan “ Bahwa kompetensi guru yang Profesional adalah Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kepenuhhatian dan kemurahhatian. Menguasai materi ajar termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek”apa”(konton), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari. Serta mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran dan bisa mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru professional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru dan inovasi.

Selanjutnya, Prof. Syawal mengatakan “ Tanpa sekolah yang baik tidak mungkin ada guru guru yang baik. Kita liat Vietnam dan Singapura, saat ini merupakan negara yang memiliki pendidikan terbaik di Asia Tenggara, hanya dengan membenahi kepala sekolah dan gurunya. Oleh karena itu, Unimed berbenah diri untuk berkontribusi dalam mencetak dan membentuk calon guru profesional masa depan melalui pengenalan di lingkungan Sekolah.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW