Close

" The Character Building University "

Prodi Gizi Raih Akreditasi Baik Sekali dari LAM-PTKes

Program Studi Gizi Fakultas Teknik Unimed berhasil meraih hasil akreditasi “Baik Sekali” setelah mengikuti proses visitasi dari LAM-PTKes pada 21 – 23 Desember 2020 secara daring. Hadir secara daring dua orang asesor LAM-PTKes saat visitasi yaitu: Dr. Toto Sudargo, SKM., M.Kes dari Prodi S1 Gizi Kesehatan,  Universitas Gadjah Mada (sebagai asesor 1) dan Ibu Dr. Eva Yuniritha M.Biomed dari Program Studi D-IV Gizi, Poltekkes Kemenkes Padang (sebagai asesor 2). Ada yang istimewa pada prosedur akreditasi yaitu Asessmen Lapangan  dilakukan secara daring sesuai prosedur akreditasi LAM-PTKes dan Keputusan Perkumpulan LAM-PTKes yang mempertimbangkan kondisi di masa pandemic Covid-19. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat panitia akreditasi untuk meraih yang terbaik.

Perlu diketahui bahwa Prodi S1 Gizi di Universitas Negeri Medan merupakan 1 dari 4 prodi baru yang dibuka di Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan berdasarkan Surat keputusan Menristekdikti Nomor : 173/KPT/I/2016, 249/KPT/I/2016, dan 274/KPT/I/2016. Tahun 2021 Prodi S-1 Gizi akan meluluskan mahasiswa pertama dan melalui akreditasi ini, Prodi S1 Gizi sangat berharap dengan hasil yang memuaskan. Pembukaan kegiatan Asessmen Akreditasi dilakukan oleh Rektor Universitas Negeri Medan, Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dengan serangkaian kegiatan seremonial dan juga sambutan dari assessor sebagai penilai untuk semua proses akreditasi tersebut. Dilanjutkan presentasi UPPS, PS, Borang 3B UPPS dan Borang 3A PS S1 Ilmu Gizi. Pada hari terakhir, rangkaian Asessmen Lapangan ditutup dengan penandatanganan berita acara Asessmen Lapangan, rekomendasi dan wrap up. Kemudian hasil Asessment akreditasi diserahkan oleh Ketua Asesor kepada Panitia Akreditasi.

Adapun dalam kegiatan akreditasi ini menggunakan 9 kriteria dan elemen penilaian, antara lain : 1) Visi, misi, tujuan dan strategi; 2) Tata pamong, tata kelola dan kerjasaman; 3) Mahasiswa; 4) Sumber daya manusia; 5) Keuangan, Sarana dan Prasarana; 6) Pendidikan; 7) Penelitian; 8) Pengabdian kepada masyarakat; dan 9) Luaran dan capaian Tridharma. Terpenuhinya 9 kriteria ini adalah berkat kerjasama dari Tim Pelaksana Penyusun Borang Akreditasi sehingga proses Asessmen Lapangan berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Seluruh panitia akreditasi beserta seluruh civitas akademika Universitas Negeri Medan, khususnya Prodi S1 Gizi di bawah naungan Jurusan PKK, Fakultas Teknik, berharap bisa memperoleh hasil yang terbaik untuk akreditasi S1 Gizi dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam bidang gizi.

Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. dikantornya mengucapkan selamat atas raihan akreditasi Baik Sekali yang diperoleh oleh Prodi Gizi. Kami juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kerja keras baik Pimpinan Unimed, Ketua dan staf LPPMP, Tim GPM FT, Ketua Jurusan PKK, Tim TPMJ, Taskforce Fakultas dan Tim Akreditasi Prodi Gizi, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni. Kita akan terus pacu dan meningkatkan kualitas dan prestasi sehingga mewujudkan Fakultas yang Unggul dan berdaya saing.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dikantornya juga mengucapkan selamat dan sukses atas perolehan Akreditasi Baik Sekali kepada Prodi Gizi FT UNIMED. Kami juga bangga setiap tahun prodi Gizi merupakan salah satu prodi terfavorit di Unimed. Kami pimpinan Universitas mengucapkan terimakasih juga kepada Dekan dan jajaran pimpinan FT, Kajur, Kaprodi dan seluruh tim yang telah bekerja keras dalam memajukan prodi Gizi FT Unimed, sehingga meraih Akreditasi Baik Sekali. Semoga raihan akreditasi ini, semakin meningkatkan mutu, layanan akademik dan prestasi Unimed di tingkat nasional dan internasional. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW