Close

" The Character Building University "

Jurusan Kimia FMIPA UNIMED Gelar Seminar Nasional dan Pelantikan Ikatan Alumni

Jurusan Kimia FMIPA Unimed menggelar Seminar Nasional dan Pelantikan Ikatan Alumni Periode 2020-2024 melalui Aplikasi Zoom Meeting. (12/12). Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia ( SNKPK ) tahun 2020 ini merupakan Kegiatan ilmiah tahunan yang diselenggarakan Jurusan Kimia FMIPA Unimed bekerjasama dengan Ikatan Alumni (IKA) Kimia Unimed. Seminar nasional ini mengundang 4 narasumber pembicara utama yakni Prof. Dr. H.R. Asep Kadarohman, M.Si ( Guru Besar Kimia- FMIPA UPI ), Muhammad Haris Efendi Hsb, S. Pd., M.Si., Ph.D ( Ketua Program Studi S-2 Pendidikan Kimia Universitas Jambi ), Dr. Ayi Darmana, M.Si ( Ketua Jurusan Kimia Unimed ), Dr. Murniyati Simorangkir, M.Si ( Dosen Jurusan Kimia Unimed ), dan 2 Narasumber pembicara undangan yaitu Imam Kusnodin, M.Pd., ( Instruktur Kimia Nasional ) dan Ahmad Nawawi, S.Pd., M.Pd ( Sekretaris IGI Sumatera Utara )

Acara diawali dengan pelantikan Ikatan Alumni Periode 2020-2024 yang di pimpin langsung oleh Dekan FMIPA, kemudian dilanjuti dengan Pembukaan Seminar Nasional Kimia secara resmi oleh Dekan FMIPA Dr. Fauziyah Harahap, M.Si.

Dekan FMIPA menyampaikan dalam sambutannya kegiatan ini merupakan kegiatan ilmiyah tahunan yang diselenggarakan jurusan Kimia. Seminar Nasional Kimia ini mengusung tema Optimalisasi sains, teknologi dan pembelajaran kimia menuju manusia Indonesia seutuhnya . Disampaikan bahwa dengan adanya tantangan revolusi industry 4.0 bagi seluruh masyarakat indonesia, para pendidik, guru dan dosen serta praktisi di bidang kimia harus dapat merumuskan atau menghasilkan sesuatu inovasi yang dapat membantu masyarakat indonesia untuk dapat mengatasi berbagai tantangan tersebut.

Lanjutnya Dekan FMIPA juga mengutarakan pentingnya peran guru untuk menciptakan generasi yang memiliki keterampilan hidup di abad 21.”Untuk hidup di Abad 21 para peserta didik harus memiliki suatu ketrampilan hidup yang dapat digunakannya untuk bersaing di abad 21 karena jika keterampilan itu tidak diajarkan oleh para guru kepada peserta didik mereka akan tergerus oleh jaman dan kalah dalam persaingan, ketrampilan yang dimaksud meliputi way of thinking, way of working, tools of working and learning in the world. Selain itu Pendidik dan calon pendidik dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam mengolah kegiatan pembelajaran salah satunya penulisan karya ilmiah,” jelas Dr. Fauziyah.

“Dengan adanya Seminar ini kita harapkan dapat menjadi wadah pertemuan bagi para peneliti, pendidik, praktisi dan IKA-Kimia Unimed untuk bisa saling kerjasama dan berbagi informasi terkini tentang sains, teknologi dan pembelajaran kimia dalam mengoptimalkan potensi intelektual dan daya saing generasi bangsa demi terwujudnya indonesia maju,” tutup Dekan FMIPA.

Acara Seminar Nasional ini diikuti sebanyak 152 orang pemakalah pendamping dari berbagai intitusi yaitu dari Unimed, Unversitas Bengkulu, UIN Antasari Banjarmasin, UIN Raden Fatah Palembang, Raffles International School Jakarta, SMAN. 9 Banda Aceh, SMKN Taruna Indonesia Jambi. Turut hadir dalam acara ini Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan I, II, III FMIPA, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Kimia, Ketua Umum IKA Kimia, Guru Besar Kimia dan para Dosen Kimia dilingkungan FMIPA Unimed.(Humas UNIMED/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW