Close

" The Character Building University "

Prodi Sastra Indonesia FBS UNIMED Gelar Gebyar Sastra Indonesia

Selasa, 08/12/2020 setelah adakan tahap registrasi, pengumpulan karya, dan penampilan untuk finalis lomba, Program Studi Sastra Indonesia Universitas Negeri Medan adakan pengumuman pemenang Gebyar Sastra Indonesia berskala nasional yang merupakan acara puncak acara tersebut yang diadakan melalui platform Zoom. Acara Gebyar Sastra Indonesia ini terdiri dari beberapa bidang lomba, seperti lomba cipta puisi, lomba cipta cerpen, lomba cipta komik, lomba baca puisi dan lomba membuat video Tiktok.

Peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari beragam daerah, umur, dan instansi. Juga juri yang dilibatkan merupakan praktisi dan dosen-dosen dari berbagai daerah di Indonesia yang mumpuni, seperti Mutia Sukma, Tok Laut, La Ode Gusman Nasiru, Prima Vidya Asteria S.Pd., M.Pd, Koko Hendri Lubis S.Pd., M.Pd, dan lain-lain.

Muharina Harahap, S.S., M.Hum. selaku ketua panitia acara Gebyar Sastra Indonesia dalam laporannya mengatakan bahwa substansi diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk pelaksanaan program kerja prodi Sastra Indonesia tahun 2020. “Acara ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan kreativitas mahasiswa dalam bersastra. Kemudian juga untuk meningkatkan reputasi Program studi agar lebih dikenal di tingkat nasional. Setelah dari tanggal 6 November acara ini dilaksanakan, kini tibalah saat yang dinanti acara puncak Gebyar Sastra Indonesia.” Tambah Muharina Harahap, S.S., M.Hum.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr.Abdurrahman Adisaputera, M.Hum. membuka acara ini. Beliau mengatakan bahwa dalam industri sastra, program studi harus mampu mencapai visinya. “Inilah buktinya bahwa aktivitas akademik maupun non akademik dibuktikan dari karya-karya mahasiswa. Sedianya kegiatan ini harus dimeriahkan dengan berbagai fasilitas yg memadai. Namun, karena situasi tak memungkinkan, maka kegiatan ini diadakan secara daring. Dan hak tersebut tak mengurangi kreativitas mahasiswa. Terimakasih, selamat berkarya dan jaga batas waktu yang membatasi kita.” ucap Dekan Fakultas Bahasa dan Seni.

Berikut nama pemenang dalam Gebyar Sastra Indonesia.
Pemenang Lomba Cipta Cerpen terdiri dari:
1. Novita Sari, S.S – Guru Sekolah Kasih Maitreya
2. Anggi Kristian Sibarani – Universitas Negeri Medan
3. Calvine Williams – Universitas Negeri Medan

Pemenang Lomba Video Tiktok terdiri dari :
1. Nahlia Hanifah – Polt. Negeri Lampung
2. Anjelina Monika Panjaitan – Universitas Negeri Medan
3. Nurul Abida Lubis – Universitas Negeri Medan

Pemenang Lomba Cipta Komik terdiri dari :
1. Rama Prawicaksana – Universitas Negeri Surabaya
2. Joni Pranata Ginting – Umum
3. Resnanda Putri Kamania – Universitas Negeri Medan

Pemenang Lomba Cipta Puisi terdiri dari ;
1. Adi Sujana – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
2. Syafril Hikbal Pane – Universitas Negeri Medan
3. Natalia Ivana Simorangkir – Universitas Amir Hamzah, Medan

Pemenang Lomba Baca Puisi terdiri dari :
1. Selvi Sulistiani – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
2. Lao Septi Sika waty Universitas Negeri Medan
3. Laposa Mirta Dea Roja – Universitas Riau

Selain mengumumkan nama pemenang, acara ini juga diisi dengan pembacaan puisi oleh mahasiswa Sastra Indonesia dan La Ode Gusman Nasiru yang merupakan tenaga pengajar di Universitas Halu Oleo dan menjadi juri lomba baca puisi Gebyar Sastra Indonesia.

Dr. Oky Fardian Gafary, M.Hum. selaku Kaprodi Sastra Indonesia dalam penutupnya mengatakan bahwa acara ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama dari berbagai pihak dan panitia. “Kegiatan kita ini sudah dilaksanakan dari mulai tanggal 2 November sampai dengan 7 Desember. Untuk itu mari sambut dengan suka cita. Juga terimakasih kepada mahasiswa dan peserta atas partisipasinya.” Tutup Kaprodi Sastra Indonesia sesaat sebelum diadakannya sesi foto bersama.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW