Close

" The Character Building University "

ICoSIEBE FE UNIMED : Strategi Pemulihan Ekonomi di Era New Normal

Fakultas Ekonomi Unimed mengadakan The Virtual International Conference On Strategic Issues Of Economics, Business And Education (ICoSIEBE) 2020 yang bekerjasama dengan APE-LPTK ( Asosiasi Pendidikan Ekonomi Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan), STIE Bina Karya dan Akademi Pariwisata. dengan tema “The Recovery of Economy, Business, Education, and Tourism Sectors in the New Normal Era” yang diadakan secara online dengan aplikas Zoom dan Live Youtube pada Selasa (01/12).

Seminar ini dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes., dan dihadiri Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Si., M.Pd., Ak., CA. (Chariman of APE LPTK), Wakil Rektor, Dekan dilingkungan Unimed beserta Wakil-wakil Dekan, dosen-dosen dilingkungan FE Unimed dan 85 peserta dari berbagai kota di Indonesia.

Dalam seminar ini juga mengundang narasumber yang ahli dari berbagai Negara baik dari dalam Negeri maupun Luar Negeri, yaitu Prof. Dr. Andrew Walker (President and Pro Vice-Chancellor at Monash University Malaysia), Assoc.Prof. Dr. Nattavud Pimpa (Director of ASEAN Centre for Sustainable Development Studies and Dialogue, CMMU, Mahidol University, Bangkok, Thailand.), Prof. Dr. Abishek Singh Bhati (Campus Dean and Head Learning, Teaching and Student Engagement, James Cook University, Singapore), Prof. Dr. Bambang Sugeng (Financial Management Expert of Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Indonesia).

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes., menyampaikan pada pembukaan acara, “Melalui kegiatan konferensi internasional yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi Unimed ini, kita dapat memberikan saran, masukan dan sumbangsih, sebagai bentuk kepedulian kita kepada permasalahan ekonomi, bisnis, pendidikan dan pariwisata, yang dialami oleh masyarakat dan pemerintah kita, sehingga Indonesia dapat segera keluar dari himpitan ekonomi dan kendala pengembangan pendidikan. Melalui kajian ilmiah seperti yang kita lakukan ini, melalui hasil-hasil penelitian dan publikasi ilmiah, kita berharap dapat memberikan masukan dan menjadi pertimbangan pemerintah dalam menentukan kebijakan dalam pemilihan ekonomi nasional”.

Prof. Dr. Andrew Walker salah seorang narasumber menjelaskan tentang strategi pembelajaran dalam era new normal, “yang pertama Strategi Dasar, yaitu peningkatan kapasitas untuk guru dan siswa dalam pembelajaran aktif, Mengembangkan keterampilan sistem manajemen pembelajaran dasar dan menengah dan Memperbaiki ruang kelas untuk pembelajaran aktif. Yang kedua Trategi Menegah yaitu proses peningkatan unit yang didukung oleh desainer pendidikan, pembelajaran campuran yang lebih canggih serta ruang kelas terbalik atau gamifikas dan kolaborasi dalam kelas. Dan yang ketiga Stategi Unggul yaitu penulisan ulang lengkap konten unit untuk memberikan pengalaman online yang mendalam dan menarik dan kolaborasi erat dengan konsultan eksternal”.

Prof. Dr. Abishek Singh, juga salah seorang narasumber menyampaikan tentang arah baru ke penelitian pariwisata dengan dampak pandemi, “pembelajaran linier sebelumnya berfokus pada perilaku teori dan tindakan beralasan dalam studi perilaku di pariwisata, penelitian ini mengadaptasi Teori Motivasi Pencegahan, berdasarkan faktor afektif dan kognitifnya yang mencakup situasi pandemi. Keterlibatan media melalui berbagai saluran sebagai intervensi non-farmasi selain perilaku perlindungan terkait kesehatan dalam wabah pandemi seperti covid 19 dan pengakuan terhadap keterkaitan di antara faktor-faktor ini dapat berkontribusi terhadap pengembangan pemulihan ekonomi di industri pariwisata”. (Humas Unimed/bg).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW