Close

" The Character Building University "

LPPM Unimed Fasilitasi Dosen Pengabdi untuk Publikasi Karyanya di Jurnal Bereputasi

Dalam menangani dan memperdayakan Masyarakat pada Pandemi Covid 19, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan mengadakan Seminar Nasional yang bertema “Kontribusi Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pendemi” yang dilaksanakan secara online dengan aplikasi Zoom pada Rabu (25/11).

Seminar ini mengundang narasumber Prof. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed) dan Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani. A. Rauf, M.T. (Katua LPPM UNM Makassar). Dan dihadiri Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. beserta Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga dan Dosen yang ada di lingkungan Unimed.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, menyampaikan pada pembukaan seminar, “Perguruan tinggi patut meneguhkan perannya dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, karena tidak dapat dipungkiri, perguruan tinggi mempunyai peran paling strategis dan menentukan dalam pembangunan bangsa dan peradaban. Oleh sebab itu, menjadi wajar manakala diungkapkan bahwa potret peradaban suatu bangsa pada hari ini dan masa mendatang sesungguhnya tercermin dari wajah perguruan tinggi. Semakin baik wajah dan peran perguruan tinggi, semakin dekat perguruan tinggi dalam memberi solusi atas persoalan masyarakat, maka semakin tinggi pula tingkat peradaban suatu bangsa. Dengan kata lain, perguruan tinggi memiliki posisi penting dan strategis bagi langkah dan maju, bahkan lompatan positif peradaban suatu bangsa.”

Prof. Syawal Gultom, sebagai narasumber menyampaikan, “Pada hakikatnya pengabdian berbasisi riset yang memberdayakan masyarakat harus tinggi baik dari kualitas maupun kuantitas dengan mengadakan Reorientasi dan Refocusing pengabdian berbasis riset khususnya masa pandemic covid-19 dengan cara menemukan model pemberdayaannya terlebih dahulu sehingga mendorong integrasi Perguruan Tinggi, masyarakat, DUDI dan Pemerintah.”

Prof. Bakhrain, sebagai narasumber kedua menyampaikan, “Penelitian tidak boleh lagi ada kata-kata yang terkait dengan mencoba di dalam pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat tanpa pamrih dijadikan sebagai objek kegiatan karena masyarakat sebagai Mitra. Sehingga mendukung nantinya desiminasi hasil riset perguruan tinggi dan Sinergi implementasi Tri Dharma perguruan tinggi yang dapat dimplementasi melalui berbagai kegiatan dan peluang kerjasama nasional. Pengusulan proposal pengabdian masyarakat harus membuat identitas ringkasan, pendahuluan, solusi permasalahan metode, target anggaran dan jadwalnya daftar pustaka, Kemudian juga bisa melapirkan gambaran detail dan peta lokasi”.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendefinisikan hasil pengabdian pada masyarakat memenuhi output yang ditagihkan dan untuk meningkatkan kinerja pengabdian pada masyarakat untuk kegiatan kelas dan perubahan tinggi. Kegiatan ini juga diikuti 316 peserta baik dari Medan maupun dari Luar Kota. (Humas Unimed/bg).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW