Close

" The Character Building University "

UNIMED Berperan Dalam MUSRENBANG PEMKAB LABURA

23/03/2016

Aek Kanopan – Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) Sumatera Utara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 yang berlangsung pada 22 Maret 2016 di Aula lantai II Grands Hotel, Aek Kanopan, Labuhan Batu Utara. Tema Musrenbang kali ini adalah : “Pemerataan insfrastruktur wilayah untuk penguatan pelayanan dasar dan ketahanan pangan dalam rangka peningkatan daya saing daerah.”

Pada Musrenbang tahun ini, Bupati Labura secara khusus mengundang Rektor Unimed dan pimpinan untuk memberi masukan-masukan konstruktif mengenai kepemimpinan dan pembangunan di bidang pendidikan kepada seluruh unsur Muspida Labura.Dalam kegiatan tersebut, selain Rektor Unimed secara khusus memberikan paparan materi, juga dijadikan sebagai penguat jalinan silaturrahim antara pimpinan Unimed dengan Bupati dan unsur Muspisa Labuhan Batu Utara. Hadir dalam acara tersebut Bupati Labura H. Kharuddin Syah Sitorus, SE, Sekda LaburaDrs. Edi Sampurna Rambe, M.Si, Asisten Staf Ahli Bupati, SKPD, Camat, Lurah, dan Pegawai kantor Bupati dilingkungan Pemkab. Labuhan Batu Utara.

Dari Unimed yang turut hadir yakni; Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd, Dekan FIP Dr. Nasrun, M.S, Dekan FMIPADr. Asrin Lubis, M.Pd. Diretur PPs Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, Wakil Dekan II FIK Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes, Wakil Dekan II FMIPA Prof. Dr. Mukhtar, M.Pd, dan staf ahli Wakil Rektor IV Unimed Dr. Abil Masyur, M.Si, Winsyah Ritonga, M.Si, Johanes Gultom, M.Hum.

Pada sambutannya, Bupati Labura H. Kharuddin Syah Sitorus, SE, mengatakan Pemerintah Kab. Labura saat ini fokus terhadap pelayanan pemerintahan dan peningkatan mutu kualitas pendidikan. Dalam rangka mengembangkan pendidikan, Kab. Labura melakukan renovasi sekolah-sekolah agar sesuai dengan standart layak untuk belajar, membuat kelas unggulan, membuat sistem pembelajaran bertaraf standart nasional, dan memberlakukan jam belajar efektif pada anak sehingga pendidikan di Labura semakin maju dan berkualitas. Saya sangat komitmen agar pendidikan di Labura kedepan bisa lebih dapat perhatian dari pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas. Semoga pendidikan di Labura bisa menjadi menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Makanya untuk mewujudkan hal tersebut, kita telah gandeng Unimed untuk membantu secara serius meraih harapan tersebut yang pastinya juga menjadi harapan seluruh masyarakat Labuhan Batu Utara.

Beliau juga mengungkapkan pemerintah Kab. Labura telah melakukan kerjasama dengan berbagai universitas di Indonesia, salah satunya dengan Unimed dalam hal MoU bidang pendidikan bagi Mahasiswaasal Labura. Lanjut beliau, Pemkab Labura dalam hal ini memberikan beasiswa 15jt rupiah/tahun selama 4 tahun kepada mahasiswa S1 asal Labura yang berprestasi dan kurang mampu.

Dalam paparannya, Prof. Dr. Syawal Gultom M.Pd. mengatakan pembangunan insfrastruktur harus dibarengi dengan pembangunan karakter dan penguatan pendidikan. Karena pendidikan menjadi dasar dan landasan bagi manusia untuk melakukan perubahan, namun pendidikan saja tidak cukup harus ada pengawasan dan kepemimpinan. Sebagai contoh pendidikan di Indonesia 27% dari populasi Indonesia sudah S1, namun karakter bangsa berbanding terbalik dengan pendidikannya. Sehingga dibutuhkan kepemimpinan untuk merubah karakter bangsa.Kepemimpinan diperlukan untuk melakukan perubahan, dapat menghadirkan masa depan dan dapat menghasilkan hal-hal yang luar biasa dari orang-orang yang biasa saja, dapat merubah karakter dan prilaku masyarakatnya menjadi lebih baik, dan dapat memberikan kesejahteraan dan rasa nyaman bagi masyarakatnya.

Rektor Unimed, mengimbau agar SKPD-SKPD meningkatkan mutu kualitas pelayanannya, melaksanakan tugasnya dengan baik dan ikhlas, saling berkoordinasi dan bekerjasama. Sehingga dapat mewujukan Kabupaten Labura yang madani dan berdaya saing dengan daerah lainnya. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW