Close

" The Character Building University "

Forum FBSI 2020 di UNJ, Fokus Mutakhirkan Kurikulum dan Implementasi MBKM

FBS Unimed berperan aktif dalam FBSI 2020 yang digelar secara daring di UNJ pada 3-4 November 2020. Peserta yang ikut serta dalam FBSI ini berasal dari 12 Perguruan Tinggi LPTK dan 14 Fakultas yang terdiri dari FBS UNIMED, FBS UNJ, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain UPI, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, FBS UNY, FBS UNNES, FBS UNESA, Fakultas Sastra UM, FBS UNDIKSHA, Fakultas Seni dan Desain UNM, FBS UNM, FBS UNP, FBS UNIMA, dan Fakultas Sastra dan Budaya UNG.

Acara diawali dengan sambutan oleh ketua Forum Bahasa dan Seni Indonesia Prof. Nonny Basalama, M.A., Ph.D Dekan Fakultas Sastra dan Budaya UNG. Acara forum FBSI diikuti oleh 14 Dekan dari 12 Perguruan tinggi LPTK se Indonesia, seluruh Wakil Dekan 1, 2 dan 3. Seluruh ketua Jurusan dan koordinasi program studi dan utusan dosen pengembang kurikulum dari 14 fakultas yang tergabung dalam Forum FBSI

Acara dibuka oleh Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M. Si. Dalam sambutannya Prof. Komarudin menyambuat dengan baik dan mengapresiasi kegiatan forum FBSI yang digelar di UNJ secara daring. Biarpun kondisi masih pandemi covid-19, namun tidak menyurutkan semua dekan yang tergabung dalam FBSI untuk melaksanakan kegiatan ini secara daring. Kegiatan ini diharapkan dapat merumuskan kebijakan dan menindaklanjuti permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan sekaligus menindaklanjuti program kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Mas Menteri. Dalam kegiatan tersebut juga disepakati untuk membuat perjanjian kerja sama di antara Dekan yang tergabung di FBSI. Dengan adanya Perjanjian kerja sama tersebut masing-masing PT dapat menjalankan tentang tridharma perguruan tinggi daan saling tukar mahasiswa dalam menyahuti merdeka belajar dan kampur merdeka. Masing-masing fakultas dan prodi sejenis dapat menjalankannya dengan mengirimkan mahasiswa untuk belajar di luar prodi sejenis di LPTK khususnya dalam forum FBSI. Sedangkan narasumber utama yakni Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. dari kemendikbud menyampaikan materi yang berjudul “Pemutakhiran Kurikulum dan Implementasi MBKM”.

Dekan FBS Unimed Dr. Abudrahman Adisaputera, M. Hum dalam kesempatan itu menyampaikan dan mengapresiasi seluruh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi dan Tim pengembang kurikulum dari masing-masing Prodi di lingkungan FBS Unimed. Melalui forum FBSI yang diikuti oleh seluruh fungsionaris di FBS Unimed, masing-masing Jurusan dan Prodi pastinya mendapatkan masukkan dan konstruktif untuk perbaikan dan penyesuaian perbaikan kurikulum yang akan kita terapkan di Unimed. Saya juga berharap semua Jurusan dan Prodi dapat lebih fokus dan serius untuk merancang perbaikan dan implementasinya nanti, semoga dari Unimed ada beberapa Prodi yang bisa jadi contoh bagi Fakultas dan PTN lain.

Sementara itu narasumber dari 3 perguruan tinggi yang menyampaikan “Praktik Pemutakhiran Kurikulum dan Implementasi MBKM FBS UNIMED disampaikan oleh Wakil Dekan I FBS yakni Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum, dari UNJ disampaikan oleh WD 1 FBS UNJ Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. dan dari Fakultas Sastra UM Malang disampaikan oleh Dr. Primardiana Hermilia W., M.Pd.

Dalam forum FBSI, juga telah disepakati Kerjasama di antara 14 dekan adalah dengan menggunakan segala sarana dan prasarana dan kemampuan yang dimiliki oleh kedua perguruan tinggi dan tanpa mengurangi tugas pokok kedua belah pihak, kerjasama ini dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut,

1. Kedua belah pihak saling membantu dalam hal pembinaan lembaga, kurikulum program studi yang sejenis, peningkatan kualitas dosen melalui program-program kursus, penataran, lokakarya, pelatihan-pelatihan.

2. Kedua belah pihak dapat memanfaatkan tenaga pendidik yang dimiliki oleh masing-masing pihak, sepanjang tidak mengganggu kegiatan pokok pada masing-masing pihak.

3. Kedua belah pihak saling membantu dalam meningkatkan pengalaman belajar peserta didik melalui berbagai kegiatan termasuk 8 jenis kegiatan dalam mengintegrasikan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Termasuk kegiatan pengajaran, penelitian, pengabdian dan publikasi bersama.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW