Close

" The Character Building University "

Final Bisnis Plan Competition Unimed 2020 Berlangsung Sukses, Ini Pemenangnya

Universitas Negeri Medan menggelar Final Business Plan Competition (BPC) Tahun 2020. Acara ini merupakan babak terakhir yang harus diikuti oleh peserta BPC yang telah lolos seleksi proposal yang telah dilaksanakan dari tanggal 7 sampai dengan 24 Oktober 2020 lalu. Peserta yang terpilih proposalnya akan melakukan presentasi di Final ini. Acara Final BPC UNIMED 2020 dilaksanakan secara daring dengan melalui aplikasi zoom (03/11/2020).

Pada babak final ini tim juri yang menilai adalah Dr. Wisnu Dewobroto (Reviewer Nasional Kewirausahaan), Fachriz Tanjung, S.Sos. (Praktisi kewirausahaan sumatera utara), dan Ali Fikri Hasibuan M.Si (Kepala UPT-PKK Unimed).

Business Plan Competition (BPC) 2020 diadakan dengan tema “Adaptasi Kewirausahaan di Era Baru Pandemi Covid-19”. Program ini diadakan untuk mengembangkan dan menggali jiwa wirausaha dan kreativitas yang dimiliki Mahasiswa se-Indonesia. Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi penyalur ide-ide kreatif Mahasiswa se-Indonesia sehingga di masa depan dapat membuat perubahan dengan cara menjadi seorang wirausahawan baru dan dapat bersaing dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19.

Dalam sambutaanya Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd menjelaskan bahwa Konsep sistem kompetisi Business Plan Competition (BPC) adalah peserta mengirimkan proposal rencana bisnis dengan konten seperti yang sudah di sediakan panitia. “Proposal yang dikirim akan diseleksi dan dinilai seberapa kreatif, inovatif ide, penilaian dilakukan berdasarkan kreativitas, inovatif ide, dan originalitas, pengimplementasian bisnis yang di ajukan, dan berdasarkan ketentuan tata tulis. Proses seleksi nantinya akan dilakukan oleh tim juri untuk dipilih proposal terbaik dan kompetisi dilaksanakan secara daring di Universitas Negeri Medan,”.

Lanjut Prof. Sahat menyampaikan Selain itu, mahasiswa mampu berinovasi, berkreasi, serta membantu pengurangan penggangguran dengan menciptakan lapangan kerja baru. Harapan kami terhadap peserta Business Plan mampu merencanakan suatu karya yang kreatif, inovatif dan dapat bermanfaat, tidak hanya untuk dirinya secara pribadi, melainkan untuk lingkungan sekitarnya. Di sisi lain diharapkan mahasiswa mengerti betapa perekonomian Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk maju melalui tangan-tangan generasi muda yang mampu menghadapi tantangan Pandemi Covid-19.

di akhir sambutaanya Prof. Sahat Siagian mengucapkan selamat kepada tim yang telah lolos seleksi proposal Business Plan Competition.”Kepada para Peserta yang berhasil ke babak final saya ucapkan selamat bertanding ke tahap selanjutnya di tingkat nasional. Kami berharap semoga tim yang lolos di final ini dapat mempersiapkan diri dan materinya sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal dan membuahkan prestasi yang membanggakan,” tutup Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan ini.

BPC Unimed 2020 merupakan tahun pertama dari  program kompetisi bisnis tingkat nasional yang merupakan kegiatan dibawah kantor wakil rektor bidang kemahasiswaan. Diketuai Dr. Rahmatsyah M.Si, final BPC diikuti beberap kampus yang lolos seleksi proposal antara lain Universitas Negeri Medan, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, Universitas Sebelas Maret, Universitas Indo Global Mandiri, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Setelah melalaui proses penilaian, dewan juri menetapkan para juara dimasing-masing bidang kategori sebagai berikut : Pada kategori Agribisnis Juara 1 diperoleh oleh Wahyu Mustafa dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Juara 2 Policarpus Eric dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, dan Juara 3 Akmiah Fatimah dari Universitas Brawijaya. Pada kategori Industri Kreatif  Juara 1 diperoleh oleh Munawara dari Universitas Hasanuddin, Juara 2 Kiki Meyrisa dari Institut Informatika & Bisnis Darmajaya, dan juara 3 Cantika Manda Sari dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia.

Pada kategori Jasa, juara 1 diperoleh oleh Siti Ulfa Ridayani dari Universitas Indo Global Mandiri, Juara 2 oleh Ismail Majid dari Universitas Negeri Medan, dan Juara 3 Angelika Gita Andreana dari Universitas Mulawarman. Pada kategori Kuliner Juara 1 diperoleh oleh Ningsih Harahap dari Universitas Negeri Medan, Juara 2 Hafizah Utami dari Universitas Negeri Medan, dan Juara 3 Nisa Qur’ani dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia. Dan yang terakhir pada kategori Teknologi, Juara 1 diraih oleh Moh. Faisal dari Institut Teknologi Sepuluh November, Juara 2 Inneke Sarah dari Universitas Negeri Jakarta, dan Juara 3 Willy Sanjaya dari Universitas Mulawarman.(Humas Unimed/dv zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW