Close

" The Character Building University "

Prodi PBK dan PG-PAUD FIP Raih Akreditasi A dari BAN-PT

Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling (PBK) dan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unimed meraih Akreditasi A dari BAN-PT sesuai Surat Keputusan pada 27 Oktober 2020. Prestasi membanggakan ini di peroleh setelah kedua Prodi ini mengikuti visitasi secara daring. Proses visitasi Prodi PBK dilaksanakan pada 16-17 Oktober 2020 dengan asesor BAN-PT : Prof. Dr. Mungin Edi Wibowo, M.Pd Kons, dari UNNES dan Dr. Abdul Saman M.Si Kons, dari UNM Makassar. Sedangkan visitasi Prodi PG-PAUD dilaksanakan pada 19-20 Oktober 2020 dengan asesor BAN-PT : Dr. Ernawulan Syaodih, M.Pd. dari UPI Bandung dan Dr. Sofia Hartati, M.Si. dari UNJ Jakarta.

Pada masa pandemi Covid-19, visitasi dilakukan oleh asesor BAN-PT secara daring, namun mekanisme dan indikatornya tetap sama seperti biasa, yakni 7 standar yang dikonfirmasi ulang oleh asesor BAN-PT kepada pimpinan universitas, fakultas, Program Studi, dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan. Asesor BAN-PT melakukan sejumlah verifikasi dan pendalaman terkait dokumen borang dan evaluasi diri prodi yang dikirimkan ke BAN-PT. Aspek yang di visit oleh asesor BAN-PT adalah 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Dekan FIP Prof. Dr. Yusnadi, MS mengucapkan puji syukur dan berterima kasih atas dukungan dari Rektor, seluruh pimpinan, ketua jurusan, ketua Prodi dan tim taskforce. Kami pimpinan fakultas sangat mengapresiasi kerja keras Kajur, Kaprodi PBK dan PG-PAUD, bersama tim taskforcenya, GPM FIP dan LPPMP Unimed yang luar biasa membantu, serta semua yang mendukung sehingga PBK dan PG-PAUD alhamdulilah meraih hasil akreditasi A BAN-PT. Hal ini menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas tata kelola, manajemen, layanan akademik, kualitas proses belajar mengajar, kerjasama dengan pihak luar, bahkan meningkatkan kualitas SDM dosen. Nilai akreditasi bagi suatu Prodi menjadi acuan pengakuan publik bahwa program studi tersebut terjamin mutu dan kualitasnya. Kami pimpinan FIP dan seluruh civitas sangat bersyukur karena saat ini semua Prodi di FIP telah meraih akreditasi A dari BAN-PT, yang sebelumnya kita empat Prodi semua dalam posisi akreditasi A. Alhamdulilah saat ini empat Prodi telah terakreditasi A yakni : Prodi PENMAS, Prodi PGSD, Prodi PBK dan Prodi PG-PAUD. Lengkap sudah semua Prodi di FIP sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Semoga prestasi membanggakan ini dapat kami jaga dan terus kita tingkatkan semua layanan akademik, kualitas SDM, kurikulum dan mutu lulusan.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dikantornya juga mengucapkan selamat dan sukses atas perolehan nilai akreditasi A dari BAN-PT kepada Prodi PG-PAUD dan PBK FIP Unimed. Kami pimpinan Universitas mengucapkan selamat atas prestasi yang membanggakan dan luar biasa ini. Alhamdulilah semua Prodi di FIP telah meraih akreditasi A. Terima kasih kami sampaikan kepada Dekan dan jajaran pimpinan fakultas, Kajur, Kaprodi dan seluruh tim taskforce yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan dan merancang proses visitasi kedua Prodi ini sehingga berhasil meraih akreditasi A. Semoga raihan akreditasi ini, semakin meningkatkan mutu, layanan akademik dan prestasi Unimed di tingkat nasional dan internasional. Serta harapan kami prestasi FIP ini menjadi pendorong bagi pimpinan fakultas lain di Unimed, agar berupaya secara maksimal semua Prodi di Unimed dapat meraih akreditasi A. Kami pimpinan universitas akan berupaya secara maksimal dan mendorong terus agar pimpinan fakultas dan seluruh Prodi dapat mengupayakan dan mempersiapkan secara baik agar semua Prodi di Unimed meraih akreditasi A. Ini merupakan harapan, cita-cita dan harus kita wujudkan, saya yakin pasti bisa, karena aspek dan indikator yang menjadi acuan BAN-PT untuk menetapkan peringkat akreditasi sudah ada dan jelas. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW