Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Laboratorium Guru Sains di Yayasan Pendidikan Pusaka

Dosen UNIMED melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mengadakan kegiatan Workshop Pengelolaan Laboratorium Bagi Guru Sains Yayasan Pendidikan Pusaka, Deli Serdang. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa 20 Oktober 2020. Kegiatan  dibuka oleh ketua pelaksana kegiatan Dr. Rahmatsyah, M.Si, didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Pusaka, Sri Dewi, S.Pd dan anggota tim pengabdian masyarakat UNIMED yakni  Dr. Ir. Nurfajriani, M.Si, Dr. Derlina, M.Si, Dr. Rita Juliani, M.Si, Dr. Muhammad Yusuf, M.Si, Rajo Hasim Lubis, S.Pd., M.Pd dan lima orang mahasiswa.

Dalam sambutan ketua kegiatan  Dr. Rahmatsyah menekankan bahwa “Pelaksanaan pengelola laboratorium bertujuan agar dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di laboratorium dan juga kegiatan karya tulis siswa berlangsung secara optimal. Pembelajaran Laboratorium tidak hanya dilakukan di dalam ruangan tertutup saja, tapi bisa dilakukan di luar ruangan  dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Selain itu dengan memanfaatkan Laboratorium diharapkan dapat mengkonstruksi pengetahuan guru tentang bagaimana memfasilitasi pembelajaran siswa dari konten tertentu melalui pendekatan pedagogik dan teknologi atau yang dikenal dengan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK), sehingga mampu menyiapkan  siswa menjawab permasalahan berbasis High Order Thinking Skills atau soal-soal berbentuk PISA yang sesuai di Era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini”.

Kegiatan diawali dengan pemberian informasi mengenai manajemen pengelolaan Laboratorium oleh narasumber dengan materi Pengertian, Fungsi dan Manfaat Laboratorium, Penanganan dan Penataan Laboratorium,  Administrasi Laboratorium, Struktur Organisasi Laboratorium, Standar Design Laboratorium, Pengelolaan dan Penggunaan Alat. Setelah selesai pemaparan mengenai pengelolaan Laboratorium dilanjutkan dengan praktek langsung salah satu materi sains dengan memanfaatkan lingkungan sekitar yakni membuktikan bahwa tumbuhan bisa mengalirkan arus listrik dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah oleh guru-guru yang dibantu langsung oleh mahasiswa selama melakukan praktikum. Semua kegiatan praktikum dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan baik Narasumber, Mahasiswa, maupun Guru-guru.

Selama kegiatan yang didampingi tim pengabdian Unimed, semua peserta terlihat sangat antusias dan semangat. Pihak Yayasan Pendidikan Pusaka mengucapkan rasa terima kasihnya. “Kami sangat berterima kasih kepada tim dosen pengabdian UNIMED khususnya pascasarjana karena telah meluangkan waktunya dalam program kegiatan pengabdian masyarakat mandiri yangmembantu guru-guru bagaimana manajemen Laboratorium yang baik dan benar serta membuka wawasan guru-guru dengan pendekatan TPACK untuk menyiapkan siswa menjawab permasalahan berbasis PISA dan HOTS. Harapannya kedepan akan ada lagi tindak lanjut dalam program meningkatkan mutu guru seperti impelementansi pendekatan pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan),” ujar Sri Dewi.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW