Close

" The Character Building University "

Webinar FIK UNIMED : Mengenal Suplemen dan Doping yang Baik untuk Olahraga

Fakultas Ilmu Keolahgaan Universitas Negeri Medan menyelenggarakan Seminar Online (webinar Nasional- Seri 3) seminar berlangsung melalui aplikasi Zoom dan Youtube Streaming pada 16 Oktober 2020 dengan mengangkat tema ” Suplemen V.S Doping Olahraga”. Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber Dr. dr. Novita Sari Harahap, M.Kes., AIFO-K ( Dosen FIK Unimed, Wakil Ketua PAIFORI Sumatera Utara ), dr.Zaini K.Saragih,sp.KO ( Dosen Universitas Muhammad Prof. HAMKA Chairman Lembaga Anti Doping Indonesia,Indonesia Defense University, Faculty of Military Medicine, Dr. Bambang Purwanto ( Dosen UNAIR )

Dalam sambutannya saat membuka acara Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., sangat mengapresiasi seminar nasional ini karena sangat menarik dan menggelitik dengan kata Suplemen dan Doping , saya yakin Para Narasumber akan menjelaskan dua hal yang berbeda dan menjadi ruang lingkup dalam mengelola Pembinaan Prestasi olahraga, dengan diadakannya seminar ini diharapkan juga para peserta nantinya akan mendapatkan informasi-informasi yang bagus, luas dan komprehensif dari para narasumber yang telah kita hadirkan dalam kegiatan ini.

dr. Zaini K. Saragih, sp.KO., sebagai narasumber dengan tema Doping dan Perubahan Fisiologi, menyampaikan “Konsumsi obat doping pada atlet dapat meningkatkan prestasi yang melampaui batas kemampuan normal. Jika dipaksakan bisa menimbulkan “exhaustion” yang membahayakan kesehatan, dapat menimbulkan kekacauan pikiran, delirium, halusinasi, perilaku ganas, dan juga aritmia jantung yang dapat menimbulkan masalah serius. Selain memberi dampak buruk bagi tubuh, doping juga mengancam karier dari atlet penggunanya. Bukan cuma mendapatkan skorsing, biasanya si atlet juga sulit bangkit dari keterpurukan.”.

Dalam paparannya Dr.Bambang Purwanto., dengan tema “ Nyeri Dan Radang Pada Olahraga.”Mengatakan Peradangan dapat disebabkan oleh hal diluar penyakit yang mendasari. Contohnya meliputi cedera seperti keseleo dan otot tegang, aktivitas berlebihan. Peradangan pada salah satu atau lebih sendi menyebabkan nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seperti nyeri sendi berkurangnya rentang pergerakan dan nyeri hilang timbul.

Dr. dr. Novita Sari Harahap, M.Kes ., dengan tema “Olahraga dan Antioksidan” . Sumber antioksidan yang alami sayuran , buah –buahan ,serealia utuh , kacang beans, kacang nuts, minuman ,makanan lain. Antioksidan bekerja dalam tubuh menyerupai aktifitas antioksidan endogen seperti SOD sintetis, Katalase. Menangkap ion logam diperlukan untuk tujuan katalisis reaksi oksidasi oleh radikal bebas seperi deferoksamin. (Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW