Close

" The Character Building University "

LPPM UNIMED Kembangkan Inovasi Cegah Penyebaran Covid-19 di Desa Paya Gambar Kab. Deli Serdang

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Unimed) melakukan sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) dengan mengembangkan inovasi fasilitas kebersihan masyarakat dalam bentuk pencuci tangan tanpa sentuh ­(Untouch hand washer type mobile) bagi masyarakat Desa Paya Gambar Kecamatan Batangkuis. Modifikasi pengembangan fasilitas tersebut bekerjasama dengan kepala Workshop Pemesinan dan Fabrikasi Logam Fakultas Teknik Unimed Bisrul Hapis Tambunan, ST., M.T. Selama satu bulan terakhir telah dilaksanakan pemdampingan, sosialisasi, pembagian masker, pembuatan poster, dan pemberian fasilitas pencuci tangan tanpa sentuh kepada masyarakat dengan dukungan dana hibah kompetisi pengabdian dari BOPTN Universitas Negeri Medan.

Tim Pengabdian Unimed yang melakukan pendampingan dalam program pengabdian masyarakat tersebut adalah Dr. Darwin, ST., M,Pd sebagai ketua dan didukung oleh anggota Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si., M.Sc; dan Dr. Yuniarto Mujisusatyo, M.Pd. Dr. Darwin kepada reporter Humas mengatakan “kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyebaran virus Corona (covid-19) di lingkungan masyarakat dan pencegahan dalam pola klaster keluarga. Pemberian 3 unit fasilitas pencuci tangan tanpa sentuh kepada masyarakat ditempat pada lokasi-lokasi kegiatan umum desa, yaitu di luar pintu masuk kantor desa, di pelataran Masjid Baiturrahman, di pelataran Gereja HKPB Desa Paya Gambar,”.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh Kepala Desa Paya Gambar Viktor Silaban dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Alibonar Siregar, dukungan empat kepala dusun serta masyarakat, secara keseluruhan kegiatan telah berjalan dengan baik dan lancar. Aparat Desa dan masyarakat mengikuti kegiatan dengan serius dan antusias karena materi dan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan mendasar masyarakat desa.

Kepala Desa Paya Gambar Viktor Silaban mengatakan “Pemerintahan Desa dan masyarakat sangat berterima kasih kepada pihak LPPM Unimed dan khususnya kepada Tim Pengabdian yang telah melakukan pendampingan dan sosialisasi upaya pencegahan penyebaran virus corona covid-19”. Menurut Ketua LKMD Alibonar Siregar mengakatan bahwa “Kegiatan pengabdian ini meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan secara mandiri atas bencana pandemi covid-19”. Dampak akhir kegiatan ini adalah diharapkan masyarakat desa Paya Gambar dapat dengan konsisten menerapkan protocol kesehatan dan menurunnya angka terpapar covid di Kabupaten Deli Serdang dan khususnya di Desa Paya Gambar. Wujud keberlanjutan program terlihat dari (1) masyarakat dapat setiap saat membaca poster upaya pencegahan virus covid-19, (2)  masyarakat dapat setiap saat menggunakan sebaik-baiknya fasilitas pencuci tangan tanpa sentuh yang telah ditempatkan di kantor desa Paya Gambar, di pelataran masjid dan gereja HKBP Desa Paya Gambar. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW