Close

" The Character Building University "

SM3T Unimed di Halmahera MALUT Gelar Program 1000 Senyum Sehat Hibualamo

02/04/2016

Galela, Halmahera Utara – Keceriaan mewarnai 1000 lebih anak siswa-siswi dari berbagai SD sederajat di Lapangan Desa Dokulamo, Kecamatan Galela Barat, Halmahera Utara, Maluku Utara, pada Jumat (1/4/2016). Mereka bersama dengan guru SM3T Unimed penempatan Kabupaten Halmahera Utara dalam kegiatan Program 1000 Senyum Sehat Hibualamo melakukan senam bersama, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi serentak, serta pemeriksaan gigi gratis yang didampingi dokter gigi beserta puskesmas di wilayah Galela. SM3T Unimed dalam menggelar kegiatan ini berhasil menggandeng puluhan dokter gigi dan sejumlah puskesmas setempat. Program ini dilakukan sebagai wujud menciptakan generasi sehat dan cerdas melalui pola sikat gigi yang benar sejak dini, serta dalam rangka menyambut hari kesehatan dunia. Kata hibualamo merupakan bahasa daerah Halmahera Utara yang memiliki makna “rumah besar”, juga bermakna bersama-sama rakyat dalam mewujudkan kegiatan baik.

Kegiatan yang dimotori oleh 35 guru SM3T Unimed ini mengambil tema : “menyambut hari kesehatan dunia, mari kita wujudkan generasi sehat dan cerdas melalui pola sikat gigi yang benar sejak dini”.

Program yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs. Pitson Y Kutani, M.Si, ini dihadiri oleh 1028 siswa dari kelas I-VI SD sederajat di wilayah Kabupaten Halmahera Utara MALUT. Hadir juga seluruh pimpinan dan pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Halmehera Utara, ratusan guru SD dan masyarakat sekitar. Mereka sangat antusias mendengarkan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut sambil menyanyikan lagu-lagu bertemakan kesehatan gigi dan mulut yang dipimpin oleh SM3T Unimed dan langsung praktek bagaimana menciptakan gigi dan mulut yang sehat.

Senyum sehat di Halmahera Utara

Kegiatan yang dimulai dengan senam bersama ribuan anak SD, guru dan masyarakat ini sangat mengundang antusias sekolah. Terbukti dengan banyaknya sekolah yang mengirimkan peserta lebih dari kuota yang ditentukan oleh panitia. “Siswa sudah berkumpul ramai hadir di lapangan terbuka, bahkan sebelum acara dimulai. Para peserta sangat antusias karena program seperti ini baru pertama kali diselenggarakan di wilayah ini”, ungkap Aria Fandaly selaku Ketua SM3T Unimed pada saat program berlangsung.

SM3T Unimed penempatan Halmahera Utara MALUT dalam melaksanakan pengabdian dibidang pendidikan didaerah 3T, ternyata tidak fokus saja dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah penempatan. Akan tetapi mereka di Halmahera Utara sangat aktif berbaur bersama masyarakat dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satu wujud nyatanya adalah menggelar kegiatan “Program 1000 Senyum Sehat Hibualamo”, sebagai langkah membantuk karakter anak SD untuk tidak hanya mementingkan prestasi dalam belajar, akan tetapi kesehatan tubuh juga sangat penting untuk mendukung meraih prestasi yang cemerlang. Seperti pepatah mengatakan “didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

Senyum sehat

Kadispenpora Halmahera Utara MALUT Drs. Pitson Y Kutani, M.Si, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada SM3T Unimed yang menggelar Program 1000 Senyum Sehat Hibualamo yang baru pertama kalinya dilakukan di wilayah ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini dinilai sangat positif dalam menciptakan anak yang sehat dan berprestasi untuk diaplikasikan demi terciptanya generasi emas Indonesia tahun 2045. “Untuk itu saya mengharapkan program seperti ini dapat kita programkan secara kontiniu untuk dilakukan setiap tahunnya”.

Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, selaku penanggungjawab SM3T Unimed merasa bersyukur atas kreativitas dan inovasi para guru SM3T di daerah penempatan diberbagai daerah di Indonesia. Hampir setiap tahun diberbagai daerah, mereka berhasil melakukan kegiatan besar bersama pemerintah setempat. Termasuk pada tahun sebelumnya mereka berhasil meraih rekor muri di Papua. Sedangkan tahun ini kita dapat kabar baik dari Halmahera Utara MALUT bahwa mereka berhasil melakukan kegiatan yang cukup inovatif dan didukung penuh oleh pemerintah setempat dalam menciptakan anak-anak yang sehat dan cerdas. Banyak hal bukti ini, sebagai cerminan kita bahwa Unimed telah berhasil melahirkan alumni yang tidak hanya miliki kompetensi keilmuan yang handal sesuai bidang ilmu, akan tetapi memiliki karakter baik dan kreativitas untuk bersama masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan yang positif. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW