Close

" The Character Building University "

Mari Bumikan Al-Quran melalui MTQ dan MKQ untuk Penguatan Karakter Mahasiswa

Untuk mendekatkan kecintaan generasi milenial dengan Alquran, Unimed mengadakan MTQ dan MKQ tingkat Universitas Tahun 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom, Rabu (30/09).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes dan dihadiri oleh seluruh Wakil rektor, Dekan dan Wakil Dekan di Lingkungan Unimed, Direktur Pps, Ketua Lembaga, Ketua Panitia, Dewan Juri serta peserta MTQ dan MKQ tingkat Unimed.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rektor Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes mengatakan kepada seluruh peserta MTQ dan MKQ tingkat universitas, yang merupakan perwakilan dari setiap fakultas yang mengikuti kegiatan kita hari ini. Agar tidak hanya satu tujuan yakni berlomba untuk meraih prestasi. Ada hal yang lebih penting dari hal itu, yaitu membumikan nilai-nilai yang ada dalam Al-quran dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam menguatkan kesungguhan saudara dalam menuntut ilmu di kampus kebanggaan kita Unimed.

Lanjut Rektor, Seluruh peserta MTQ dan MKQ yang mengikuti kegiatan ini harusnya memiliki karakter diri yang berbudi luhur. Saya sangat berharap, saudara semua seluruh peserta dapat menjadi duta di fakultas masing-masing dalam pembentukan karakter, pola pikir dan semangat belajar, sehingga akan lahir insan-insan akademis yang cerdas, berprestasi dan berbudi luhur.

Irwansyah Siregar, M.Pd selaku Ketua Panitia MTQ dan MKQ tingkat Universitas dalam kata sambutannya mengatakan MTQ dan MKQ antar mahasiswa tinggkat Unimed tahun 2020 diikuti oleh 41 peserta yang merupakan juara-juara sekaligus perwakilan dari 7 fakultas yang ada di lingkiungan Unimed. MTQ dan MKQ tahun ini akan mempertandingkan 4 cabang yaitu Tilawah (melantunkan ayat-ayat suci dengan berbagai irama), Tratil (membaca ayat-ayat suci secara baik dan benar), Hifzil (menghapal ayat-ayat Alquran) dan Kaligrafi (menulis, melukis, dan mewarnai ayat-ayat Alquran). Kegiatan ini berlangsung selama satu hari mulai dari hari ini yaitu rabu 30 september sampai ba’da ashar langsung pengumuman pemenang kita umumkan

Adapun hasil dari pemenang MTQ dan MKQ dengan kategori tartil putra adalah juara I M.Rizki Fadhil R (FIP/PGSD), juara II Zainul Anwar (FBS/B.Inggris), dan juara III Wisnu Abimanto (FIK/PJKR). Kategori tartil putri juara I Ayang Sari (FBS/B.Indonesia), juara II Syifa Khairunnisa (FMIPA/FISIKA), dan juara III Jamiah (FIP/PG.PAUD).

Kategori tilawah putra juara I Zainul Anwar (FBS/B.Inggris), juara II M.Rizki Fadli (FIP/PGSD), dan juara III Fikri Akbar (FE/Akuntansi). Kategori tilawah putri Anggraini (FBS/B.Indonesia), juara II Syifa Khairunnisa (FMIPA/FISIKA), dan juara III Jamiah (FIP/PAUD).

Kategori hafizh 5 juz putra juara I Zainul Anwar (FBS/B.Inggris), juara II Khairul Arifin (FT/PT.E), dan juara III Asrul (FMIPA). Kategori hafizh 5 juz putri juara I Yelika Heni (FMIPA/BIOLOGI) dan juara II Husna Hsb (FIP/PGSD).

Kategori khot naskah putra juara I Sandi Rahman Koto (FBS/SENI RUPA), juara II M.Syahrul (FIK/PKO) dan Dwiki Li (FIS/PKN). Kategori khot naskah putri juara I Putri Khairani (FMIPA/Matematika), juara II Juraida (FBS/Seni Rupa), dan juara III Rina Yusraini (FIS/SEJARAH).(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW