Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Terapkan Teknologi Hasil Penelitian Untuk Bantu UKM Binjai

Tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) Unimed yang terdiri dari Bisrul Hapis Tambunan, ST. MT sebagai ketua beserta Janter P. Simanjuntak, ST. MT. Ph.D dan Dr. T. Teviana, SE. M.Si. sebagai anggota, Sabtu 26 September 2020, membantu UKM Pengasapan ikan lele milik Bapak Hartono yang berada di Desa Limau Sundai, kecamatan Binjai barat Kota Binjai dalam mengatasi permasalahan mahalnya bahan bakar kayu yang selama ini digunakan untuk pengesapan ikan lele, bantuan berupa alat pengasap ikan berbahan bakar sekam padi tersebut diserahkan secara Cuma-Cuma kepada UKM milik Bapak Hartono.

Menurut Pak Hartono, Permasalahan utama yang dihadapi dalam menjalankan usaha ini adalah mahalnya harga kayu bakar yang dibeli dari pemasok yakni 1,5 – 2 juta per 1 truk cold disel, sehingga keuntungan menjadi kecil, bahkan ada kalanya kayu bakar sangat langka bahkan bisa sama sekali tidak ada yang menyebabkan penundaan produksi.

Terkait dengan permasalahan ini Bisrul Hapis Tambunan dan Janter P. Simanjutak merancang bangun alat pengasapan ikan berbahan bakar Sekam padi, dimana sekam padi selama ini belum termanfaatkan bahkan menjadi permasalahan tersediri bagi kilang padi. Bisrul yang juga dikenal sebagai penggiat “UKM Naik Klelas” menjelasakan bahwa alat ini merupakan penerapan dari penelitian tentang pemanfaatan limbah biomasaa yang dia geluti selama ini bersama Bapak Janter, “kami selalu menjadi tim dalam penelitian tentang pemanfaatan energi dari limbah biomassa sudah sejak tahun 2007” ujarnya.

Sementara Janter P. Simanjuntak yang di kenal sebagai Pakar Energi Terbarukan Unimed menjelaskan bahwa hasil penelitiannya bersama Pak Bisrul tentang energi biomassa sudah di publikasi di beberapa Jurnal Internasional bereputasi, namun demikian belum lengkap rasanya jika hasil penelitian tersebut belum diterapkan untuk menjadi solusi permasalahan masyarakat, untuk itulah alat ini dirangcang. Di sisi lain Dr. T. Teviana, SE. M.Si menuturkan bahwa peranannya dalam program ini adalah meng-edikasi UKM dalam penerapan Manajemen dan Pemasaran yang baik.

Dilain pihak Bapak Hartono menuturkan sangan berterimakasih atas bantuan alat pengasap ikan berbahan bakar Sekam padi ini, “dengan adanya alat ini kami tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam penyediaan bahan bakar, sekali gus akan mengurangi pengeluaran dan meningkatkan keuntungan, terimakasih kepada Tim PKM, terima kasih kepada Bapak Rektor Unimed yang terus mendorong para dosen Unimed menerapkan hasil penelitiannya untuk membantu UKM” ujarnya.(Humas UNIMED/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW