Close

" The Character Building University "

Rektor Berharap Dosen Unimed Terus Tingkatkan Publikasi Ilmiah di Jurnal Bereputasi Internasional

Universitas Negeri Medan bekerjasama dengan Research Synergy Foundation dalam kegiatan persiapan penulisan karya ilmiah untuk publikasi SCOPUS index secara daring pada Jumat, (14/08). Persiapan penulisan karya ilmiah ini dilakukan untuk acara The 4th International Conference on Community Research and Service Engagements (IC2RSE) yang akan dilaksanakan tanggal 2-6 November 2020 mendatang.

Acara dibuka oleh Dr. Syamsul Gultom, SKM,. M.Kes. Selaku Rektor dari Universitas Negeri Medan, Beliau mengatakan acara ini dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah para dosen Unimed yang karya ilmiahnya akan dipublikasikan dalam acara IC2RSE mendatang.

“Saya sungguh sangat mengapresiasi kegiatan Coaching Pra Seminar Internasional LPPM Unimed, Bekerjasama dengan Research Synergy Foundation, Dengan tema: “Manuscript Preparation to be Published in Scopus Indexed Journal” Kegiatan Webinar Coaching yang kita laksanakan ini, sangat bagus dan penting kita ikuti bersama, karena menjadi harapan penting bagi kita seluruh pimpinan untuk meningkatkan capain dan target publikasi karya ilmiah dosen pada jurnal ilmiah internasional bereputasi. Kebijakan kita bahwa semua pemenang hibah penelitian dosen di Unimed itu wajib mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah bereputasi atau prosiding terindeks internasional, merupakan upaya kita memberikan tanggungjawab kepada dosen dan peningkatan capaian publikasi karya ilmiah pada jurnal internasional bereputasi”.

Lanjut Rektor, “Walau pandemi Covid-19 hingga saat ini juga belum berakhir, dan kondisi akademik di kampus kita sedang libur semester. Saya berharap Bpk/Ibu dosen bisa lebih fokus dan merencanakan secara matang, agar produk penelitian yang sedang dikerjakan dapat diupayakan secara maksimal untuk diterbitkan pada jurnah nasional dan internasional bereputasi, atau prosiding internasional terindeks scupus. Jika kita fokus dan terus bekerjasama, saya yakin harapan kita ini bisa kita capai bersama. Saya juga berharap, LPPM dapat membantu untuk menjembatani para dosen pemanang hibah penelitian untuk mencapai harapan tersebut”.

Selanjutnya pembukaan oleh Prof. Dr. Baharudin ST., M.Pd selaku ketua LPPM Universitas Negeri Medan, berharap agar acara ini dapat bermanfaat dan memberikan peningkatan dalam penulisan karya ilmiah yang nantinya akan berdampak dalam publikasi Scopus yang berkualitas.

Pelatih persiapan penulisan ini adalah Dr. Hendrati Dwi Mulyaningsih yang merupakan founder dan chairman dari Research Synergy Foundation. Beliau merupakan pelatih tersertifikasi dan juga periview saintifik dari jurna internasional SCOPUS. Ia juga memberikan tips-tips serta cara penulisan karya ilmiah dengan baik dan benar agar para peserta mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Selanjutnya, pelatihan penulisan secara teknis yang dipimpin oleh co-trainer yaitu Ani Wahyu Rachmawati, MSM. Selaku founder dan direktur dari Research Synergy Foundation, beliau memberikan penjelasan tentang tools yang dapat digunakan untuk membantu penulis dalam membuat karya ilmiah. Tools yang digunakan adalah tools yang dapat diakses secara online seperti penggunaan alat untuk penerjemah bahasa, identifikasi plagiarism dan lain-lain. Dari acara hari ini diharapkan peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam hal peningkatan kualitas penulisan karya ilmiah. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW