Close

" The Character Building University "

Prodi Biologi FMIPA Raih Akreditasi “A” Setelah Ikuti Visitasi Secara Virtual

Prodi Biologi FMIPA melakukan visitasi secara daring pada 16-17 Juli 2020. Asesor BAN-PT melakukan sejumlah verifikasi dan pendalaman terkait borang akreditasi Prodi Biologi. Adapun asesor BAN-PT yang akan melaksanakan assessment lapangan pada Prodi Biologi FMIPA Unimed adalah Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA (Guru Besar Univ. Sriwijaya Palembang) dan Prof. Dr. Mansyurdin, M.S. (Guru Besar Univ. Andalas).

Tim assesor konfrensi dan berdiskusi secara daring dengan Rektor, Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni. Aspek yang di visit oleh asesor BAN-PT adalah 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Tim asesor mengajukan sejumlah pertanyaan seperti proses belajar mengajar (praktikum, penelitian dan sebagainya), penelitian yang terkait visi dan misi prodi, kemampuan lulusan dalam dunia kerja, dan lainnya. Kegiatan visitasi dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa fasilitas yang tersedia seperti perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium, sarana dan prasarana.

Dekan FMIPA Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. Alhamdulilah kerja keras tim taskforce fakultas dan jurusan Biologi terbayar sudah dengan hasil akreditasi A yang telah dikeluarkan BAN-PT secara online. Ini merupakan prestasi kita bersama, semoga Prodi yang masih akreditasi B di FMIPA, dapat segera melakukan persiapan, agar semua Prodi di FMIPA memperoleh akreditasi A. Selanjutnya ia mengungkapkan bahwa meraih nilai akreditasi A dari BAN-PT bagi suatu program studi atau institusi pendidikan tinggi tidaklah mudah, berat, cukup sulit dan perlu kerja keras serta kebersamaan dan kekompakan seluruh civitas. Prosesnya cukup panjang, karena banyak indikator dan dokumen yang harus dipersiapkan. Dari mulai pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, dan penyediaan dokumen pendukung yang lengkap. Bahkan dapat menjadi beban bagi suatu Prodi apabila tidak dapat mempersiapkan dengan baik, Hal ini menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, kerjasama dengan pihak luar, bahkan meningkatkan kualitas dosen. Nilai akreditasi bagi suatu Prodi merupakan bentuk kebanggaan dan prestasi karena menjadi acuan pengakuan publik bahwa program studi tersebut terjamin mutu dan kualitasnya.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dikantornya juga mengucapkan selamat dan sukses atas memperoleh hasil akreditasi Prodi Biologi dengan peringkat A, atau saat ini dikenal juga peringkat unggul. Kami pimpinan universitas mengucapkan selamat atas prestasi yang membanggakan ini. Sekaligus kami berharap prestasi ini dapat menjadi pemicu Prodi lain yang juga sedang dan akan mengikuti visitasi Prodi secara daring. Kita sama-sama berharap dan berupaya agar semua Prodi di Unimed dalam waktu dekat bisa terakreditasi A atau unggul semuanya, karena hasil akreditasi terbaik ini menjadi bentuk pengakuan publik terhadap mutu dan kualitas proses akademik di kampus Unimed yang kita banggakan. Itulah harapan kita dan seluruh civitas akademika serta lulusan tentunya. Selamat untuk Prodi Biologi dan FMIPA, semoga dapat terus meningkatkan mutu, layanan akademik dan prestasi lainnya di tingkat nasional dan internasional. (Humas Unimed/eo).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW