Close

" The Character Building University "

UNIMED Kembali Laksanakan Sidang Promosi Doktor Secara Daring

Prodi S3 Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Unimed kembali melaksanakan kegiatan sidang promosi doktor pada masa pandemi Covid-19 secara daring dengan menggunakan aplikasi Cisco Webex Meeting pada Jum’at, (12/6). Dengan promovenda Zuraida Lubis yang merupakan Dosen Pendidikan Bimbingan Konseling, FIP Unimed. Adapun judul Disertasinya adalah “Pengaruh Altruisme, Kecerdasan Emosional, Kesadaran Situasi, dan Pengambilan Keputusan terhadap Kinerja Guru BK SMP Se- Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sidang terbuka promosi doktor ini dibuka dan dipimpin oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes. sebagai pimpinan sidang dan sekretaris sidang Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd. (Direktur Pascasarjana). Pada Ujian terbuka promosi doktor ini, Zuraida Lubis dengan promotor Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd. dan ko- Promotor Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Pd. Sedangkan dosen penguji adalah Prof. Dr. Benyamin, M.Pd., Prof. Dr. Sri Millayetti, MS., M.Kons., Prof. Dr. Yusnadi, MS., dan Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd. Dan sebagai notulensi Prof. Dr. Nasrun, MS.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes setelah usai ujian terbuka promosi program Doktor mengucapkan selamat kepada Zuraida Lubis yang berhasil meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan. Saudara memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Tetapi, itu saja belum cukup. Keberhasilan itu hanya dapat dicapai dengan disiplin, motivasi, kerja keras secara sistematik dan ketangguhan lahir batin. Banyak hal baru yang akan saudara dihadapi. Saudara harus mampu menghargai waktu, mengatur energi dan kesempatan dengan baik, serta patuh pada tekad yang saudara gariskan sendiri dan patuh kepada peraturan yang berlaku. Disiplin pribadi mencerminkan kesanggupan bekerja tanpa pengawasan dan paksaan. Dengan disiplin diri itu, saudara akan dapat mencapai prestasi tinggi dan memperoleh sesuatu yang membanggakan. Pastikan saudara mengamalkan prinsip dasar dalam bekerja, yakni kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas plus kerja ikhlas

Masyarakat yang hidup di era revolusi 4.0 membutuhkan potensi insani yang profesional, yaitu insan-insan yang kreatif, inovatif, pandai berkomunikasi dan mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Menurut ahli psikologi, keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan oleh IQ-nya saja, tetapi juga oleh EQ dan bahkan SQ-nya. Pribadi dengan kecerdasan emosional dan spiritual adalah pribadi yang mampu mengendalikan dirinya, mampu memotivasi dan menggairahkan diri dalam bekerja, pantang menyerah, selalu optimis, proaktif, humoris, pandai bergaul, berdisiplin tinggi, dapat menekan egonya dan mempunyai komitmen dan tanggung jawab tinggi.

Gelar doktor merupakan sebuah pengakuan bahwa seseorang sudah lulus dari level “pendidikan formal” yang paling tinggi. Untuk meraih sebuah gelar Dokter cukup membutuhkan proses yang sangat panjang. Namun kami ingatkan, peran dan tanggung jawab insan akademis terlebih sebagai lulusan jenjang S3 atau Doktor adalah dengan terus melakukan eksplorasi terhadap masalah-masalah yang terus berkembang, tentu dengan menggunakan metode ilmiah untuk didekati dan diteliti.

Atas nama rektor, pimpinan sidang saya ucapkan selamat kepada Zuraidah Lubis yang telah lulus ujian akhir doktor. semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna dan terus berkarya bagi pengembangan dunia pendidikan. Ujian terbuka secara daring ini kita lakukan sebagai upaya implementasi pencegahan penyebaran pandemi Covid-19. Akhirnya, marilah kita bermohon, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan ridho dan rahmat-Nya pada kita semua. Terutama dalam upaya kita untuk tetap berupaya secara maksimal dalam memajukan Universitas Negeri Medan menjadi kampus terbaik di negeri ini. Semoga ilmu yang diraih dapat di implementasikan dengan baik dan amanah, Semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna dan terus berkarya bagi pengembangan dunia pendidikan.

Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd. juga mengucapkan selamat dan semoga terus sukses kepada Mahasiswa S3 yang hari ini telah melaksanakan ujian terbuka Doktor secara Daring. Puji Tuhan kegiatan ujian promosi doktor secara Daring kita hari ini dapat berjalan secara aman dan lancar. Pelaksanaan ujian terbuka promosi Doktor yang kita gelar hari ini sebagai bukti bahwa proses akademik dan layanan akademik lainnya di Unimed tetap berjalan dengan baik dan lancar. Ujian terbuka secara Daring ini kita lakukan sebagai upaya implementasi pencegahan penyebaran pandemi Covid-19. Dan yang kita lakukan hari ini tidak sedikitpun menghilangkan kesakralan dan kehikmatan ujian terbuka promosi doktor seperti biasanya.

“Kami pimpinan PPs juga mendorong mahasiswa S2 dan S3 lainnya untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan ujian tugas akhir tesis dan disertasi secara Daring. Dengan kondisi pandemi Covid-19 proses pendidikan harus tetap berlangsung secara baik walaupun dengan daring sebagai implementasi revolusi industry 4.0,” tutup Direktur PPs Unimed. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW