Close

" The Character Building University "

Kuliah Umum Online Jurusan Pend. Geografi Mengenal Konsep Hidrogeologi dan Geolingkungan Lebih Dalam

Pada saat sekarang ini banyak sekali kendala dalam melaksanakan perkuliahan dikarenakan pandemi Covid-19, tetapi semua kegiatan akademik di Unimed tetap terus berlangsung dengan lancar. Salah satunya yaitu dengan mengadakan Kuliah Umum yang di jadikan sebagai tugas Projek Mahasiswa Pendidikan Geografi pada Matakuliah Evaluasi Sumber Daya Lahan dan Air untuk memenuhi penugasan KKNI. Seluruh perkuliahan baik seminar semua dilakukan secara daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi video conference. Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Pendidikan Geografi dalam mendorong kelancaran kegiatan akademik serta untuk menambah wawasan para mahasiswa juga membagi ilmu pada banyak orang dari berbagai kalangan secara gratis bagi mereka yang ingin bergabung dalam diskusi online ini. Menggelar Kuliah Umum Online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting (16/05/2020). Kegiatan Ini di kemas oleh Mahasiswa dengan bimbingan dosen Pengampuh Bapak M. Taufik Rahmadi, S.Pd., M.Sc.

Kuliah Umum ini mengangkat tema Hidrogeologi dan Geolingkungan, dengan mengundang Narasumber Rahmadianty Astrya (Universitas Pajajaran) dari Content Creator Geoscience Q&A dan Emanuel Verrell Didy ( Univesitas Indonesia) dari Tim Olimpiade Ilmu Kebumian Indonesia (TOKI) juga sebagai Co-Founder dan Content Creator Geoscience Q&A. Dengan pembawa acara diskusi online ini yang di bawakan oleh Laura Anggi Noari dan di moderatori oleh Asriana silalahi dari Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Pendidikan Geografi.

Dengan adanya kegiatan diskusi ini dalam kegiatan webinar Ketua Jurusan Drs. Ali Nurman, M.Si sebagai ketua jurusan Pendidikan Geografi pembuka acara menyatakan Mengucapkan Terimakasih kepada pemateri yang sudah bersedia meluangkan waktu dan kepada mahasiawa yang telah mengadakan kegiatan diskusi online ini, dan berharap dapat melakukan kerjasama lagi dengan pemateri tidak hanya melalui via online saja namun dapat secara langsung bekerja sama dengan Universitas Negeri Medan terutama Jurusan Pendidikan Geografi. “Universitas Negeri Medan menyambut baik hal ini, mudah-mudahan kita bekerja sama bukan haya dari online ini saja namun kedepannya bisa bekerja sama bukan hanya di online, itu harapan kami dari Universitas Negri Medan Terutama Jurusan Pendidikan Geografi” ujar ketua jurusan.

Dan selanjutnya Dekan FIS Nurmala Berutu dalam sambutannya menyatakan ucapan terima kasih kasih kepada pemateri dan berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. “Hari ini kita bisa melaksanakan diskusi Online yang di bawakan oleh dua Narasumber kita dari Universitas Pajajaran Juga dari Universitas indonesia, semoga dapat terlaksana dengan baik, dan saya setuju dengan Ketua jurusan semoga kegiatan ini tidak hanya dalam kegiatan online seperti ini tapi juga kedepannya setelah pandemik ini bisa kita laksanakan secara tatap muka, dan datang ke Univesitas Negri Medan, dengan mengadakan konten konten yang bertemakan geografi,” ujar Dekan FIS ,

Rahmadianty sebagai pemateri pertama memaparkan bagaimana Kondisi geologi dan Lingkungan di indonesia yang rawan bencana alam seperti gunung meletus dan tsunami, juga memaparkan bagaimana penanggulangan bencana yang harus di lakukan, selain dari kondisi indonesia yang rawan bencana dari sisi positifnya juga menjelaskan bagaimana Indonesia kaya akan sumber daya geologinya seperti batuan, minyak bumi dan Gas alam.

Selanjutnya pemateri ke dua oleh Emanuel Verrell Didy menjelaskan tentang bagaimana Hidrogeologi yang sangat menarik yaitu tentang Hidrologi dan geologi yang walaupun keduanya sangat berbeda tetapi keduanya berdampingan dan saling mempengaruhi. Dijelaskan juga tentang siklus Hidrologi.”Aspek geologi utama dalam hidrogeologi salah satunya ialah sifat materia batuan yang terbagi dua yakni permeabilitas sifat dimana mineral dapat/tiddak dapat dilalui air dan kedua positas yakni sifat perbandingan antara volume rongga dengan volume material total sehingga menyerupai spons,” jelas Emanuel

“salah saatu konservasi dari geologi ialah geopar dimana geopark merupakan konsep manajemen yang memadukan keragaman geologi, hayati, dan budaya,” jelasnya.

Peserta acara ini sangat antusias membahas tentang Hidrogeologi dan Geolingkungan serta banyak peserta yang aktif bertanya mengenai materi yang di paparkan oleh narasumber dan narasumber memberikan informasi baru yang dapat menambah pengetahuan bagi para peserta.(Humas UNIMED/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW