Close

" The Character Building University "

FIS Unimed Gelar Kuliah Daring : Peran Hutan dalam Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Di masa pandemi Covid-19 kegiatan akademik di Unimed tetap terus berlangsung dengan lancar. Seluruh perkuliahan baik seminar semua dilakukan secara daring dengan memnfaatkan berbagai aplikasi video conference. Fakultas Ilmu Sosial dalam mendorong kelancaran kegiatan akademik serta untuk menambah wawasan para mahasiswa menggelar Kuliah Umum Online dengan menggunakan aplikasi Webex meeting (14/05/2020). Kuliah Umum ini mengangkat tema Pengelolaan Hutan Berkelanjutan Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, dengan mengundang Narasumber Direktur Jendral PSKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc.

Dalam sambutannya Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes mengucapkan rasa terima kasihnya kerena dimasa pandemic Covid-19 ini Unimed terus melaksanakan kegiatan akademik yang mana kegiatan akademik dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi webex meeting.

Lanjutnya Dr. Syamsul mengajak seluruh masyarakat untuk lebih memahami peran dari program perhutanan sosial dibawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia karena pada kenyataannya banyak masyarakat dan akademisi masih belum memahami secara konkret maksud dan tujuan dari perhutanan sosial yang digalalakkan oleh pemerintah. “Saya berharap melalui kegiatan ini, FIS Unimed dapat mendorong kita semua terutama civitas akademika Unimed untuk melaksanakan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan membahas bagaimana mengimplementasikan perhutanan sosial, pelestarian hutan dan pemberdayaan masyarakat yang hidup di sekitar hutan. Dengan begitu kita dapat terus berkontribusi dalam menjaga hutan teteap aman dan tumbuh dengan baik,” ujar Rektor.

“Mari kita ambil kesempatan ini untuk mendengarkan baik-baik secara langsung dari Narasumber, bagaimana keunggulan perhutanan sosial sebagai model pengelolaan hutan yang berkelanjutan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat. Semoga dengan pencerahan Kuliah Umum ini, peserta dapat memperoleh kedalaman materi dan dapat mengembangkannya melalui program – program ilmiah di Universitas maupun diunit masing – masing untuk mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia “, tutupnya.

Dekan FIS Nurmala Berutu dalam sambutannya mengajarkan, terima kasih atas arahan dan bimbingan pak Rektor yang telah membuka dan memberikan arahannya, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Dekan, seluruh fungsionaris, dosen, dan mahasiswa FIS serta seluruh peserta kuliah online ini yang telah ikut serta. Kita berharap kuliah online yang kita laksanakan ini dengan menghadirkan Dirjen PSKL Kementerian LHK. Mari jadikan forum ilmiah ini untuk menambah wawasan dan minat kita untuk ambil peran dalam pelestarian hutan untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga materi yang disampaikan oleh narasumber nanti dapat menjadi pemantik bagi kita semua untuk berbuat dan mengambil peran terbaik apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan capaian dan target pemerintah dalam bidang kehutanan dan lingkungan hidup.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Dekan I Dr. Tappil Rambe, M. Si., Wakil Dekan III Dr. Erond Litno Damanik, M.Si, serta fungsionaris, dan dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Unimed.(Humas Unimed/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW