Close

" The Character Building University "

FBS Gelar Pelatihan Mekanisme Penelitian dan Pengabdian Secara Virtual

Fakultas Bahasa dan Seni menggelar Pelatihan Bagaimana Panduan Penelitian dan Pegabdian kepada Masyarakat dan ara Upload Proposal di SIMPPM. Pelatihan yang dilaksanakan secara virtual dengan aplikasi Cisco Webex Meetings pada senin, 4 Mei 2020, ini di ikuti seluruh fungsionaris di lingkungan FBS Unimed, peserta pelatihan yang ikut dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, Ketua Laboratorium/Sanggar/Studio.

Dekan FBS Dr. Abdurahman AS, M.Hum, saat pembukaan menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. (Ketua LPPM Unimed) atas kesediaannya sebagai narasumber dalam pelatihan ini, serta saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu fungsionaris di lingkungan FBS Unimed, karena telah meluangkan waktu di masa pandemi Covid-19 ini untuk mengikuti pelatihan bersama yang kita gelar secara online via Webex Meeting. Pelatihan ini kita gelar dengan tujuan agar kita bersama seluruh fungsionaris dapat menjadi garda terdepan dalam menyampaikan kepada semua dosen di jurusan/program studi masing-masing. Agar dapat bahu membahu mendorong para dosen untuk segera mempersiapkan diri menyusun naskah proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk memperoleh dana hibah penelitian dan pengabdian pada tahun ini. Kita sangat berharap tahun ini, walau kita masih dalam masa pencegahan penyebaran Covid-19. Namun kita harus tetap produktif dalam merancang kegiatan akademik. Tentunya kita berharap agar tahun ini dosen-dosen FBS dapat lebih produktif untuk memperoleh dana hibah penelitian dan pengabdian, sehingga kinerja dosen tersebut dapat memberi sumbangsih baik bagi masyarakat luas dan juga untuk dokumen kinerja dosen yang kita butuhkan saat akreditasi Prodi.

Lanjut Dr. Abdurahman, setelah pelatihan secara virtual ini, saya berharap semua ilmu dan materi yang diperoleh dalam pelatihan tadi dapat dilanjutkan dan disampaikan kepada semua dosen di jurusan/program studi masing-masing. Sehingga harapan kita bersama yakni adanya peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian pada masyarakat dosen-dosen FBS tahun ini dapat kita capai. Jika kita mau berupaya secara maksimal, pasti akan ada hasil manis yang kita peroleh nantinya. Terima kasih atas atensi kita semua dalam pelatihan ini.

Prof. Dr. Baharuddin dalam paparan materinya mengatakan, ada beberapa skim penelitian yang dapat diikuti oleh dosen di tahun ini, diantaranya penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian pengembangan dan penelitian student grant (khusus untuk mahasiswa semester VIII). Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan dana hibah penelitian dan pengabdian pada tahun ini, kuncinya kita memahami skema penelitian yang ada, mengetahui sistematika proposal dan persayaratan yang diminta, serta dapat mengunggah di aplikasi yang ada. Perlu diketahui oleh kita bersama bahwa mengenai ketentuan waktu harus dipahami. Batas akhir unggah proposal ke website http://lppm.unimed.ac.id dan penyerahan hard copy proposal pada 13 Mei 2020, desk evaluasi dan pengumuman hasil desk pada 14-16 Mei 2020, persentasi seleksi proposal dan pengumuman hasil seleksi pada 18 Mei 2020, dan pelaksanaan penugasan 18 Mei – 10 Desember 2020.

Untuk skim penelitian dasar output penelitiannya adalah publikasi ilmiah bereputasi, penelitian terapan outputnya kekayaan intelektual publikasi ilmiah bereputasi, penelitian pengembangan dengan output prototipe atau inovasi publikasi ilmiah bereputasi kerjasama, penelitian pengembangan lanjutan dengan output prototipe publikasi ilmiah bereputasi, penelitian mahasiswa dengan output perkembangan skripsi mahasiswa, dan skim program pengabdian masyarakat dengan output publikasi ilmiah bereputasi kerjasama inovasi. Melalui persentasi ini juga kami sampaikan, jika ada dosen-dosen dan mahasiswa yang memiliki minat mengikuti hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mengalami kesulitan dan kendala dapat segera berkoordinasi dengan staf kita di kantor LPPM Unimed. Kami siap membantu Bapak/Ibu dosen agar berhasil memperoleh dana hibah tersebut, tentunya dengan mengikuti mekanisme dan prosedur yang ada dengan baik.(Humas UNIMED)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW