Close

" The Character Building University "

Kampanyekan Social Distancing, 33 Rektor PTN Nyanyi Bareng “Rumah Kita” Secara Online

Ditengah pandemic virus corona (COVID-19) pemerintah telah menganjurkan untuk mulai bekerja dari Rumah (Work From Home) dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Untuk mengkampanyekan social distancing dan menyemangati selama di rumah sebanyak 33 rektor perguruan tinggi negeri (PTN) menyanyi dengan kompak secara online. Para Rektor memilih untuk membawakan lagu “Rumah Kita” yang dipopulerkan oleh grup band God Bless.

Adapun para rektor tersebut antara lain Prof Paula Runtuwene (Universitas Negeri Manado), Dr Philipus Betaubun (Universitas Musamus Merauke), Dr Andre Elia (Universitas Palangkaraya), Prof Ganepri (UNP), Dr Guntur (ISI Surakarta), Prof Panut Mulyono (UGM), Dr Ahmad Fauzi (UPN Jatim), Prof Fathur Rahman (Unnes), Prof Fred Benu (Undana Kupang), Prof Dwiya Aries Tina (Unhas). Prof Azhari (ITS), Dr Zainal Arief (PEN Surabaya), Prof Ellen J Kurmat (Unsrat), Dr Een (ISBI Bandung), Prof Sutarto (ULM), Prof Garuda Wiko (Untan), Prof Aras Mulyadi (Unri), Dr Syamsul Gultom (Unimed), Dr Edward Wolok (UNG), Dr Appolo Safano ( Uncen), Prof Nur Hasan (Unessa), Prof Mas Jaya (Unmul), Prof Reini Wirahadikusuma (ITB), Prof Raka Sudewi (Unud), Prof Rontung Sitepu (USU), Prof Lalu Husni (Unram), Prof Rina Indrastuti (Unpad), Dr Erna Herawati (UPN Jakarta), dan Prof Jamal Wiwoho (UNS).

Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho mengatakan, kegiatan bernyanyi bersama dilakukan di masing-masing universitas dan juga di rumah para rektor.  Jamal berharap dengan dilakukannnya kegiatan bernyanyi Bersama ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat bahwa pekerjaan yang sehari-harinya di kantor dikerjakan dapat juga dikerjakan dari rumah sehingga pekerjaan tetap berjalan sebagaimana biasanya. Selama ada pandemi covid-19 hampir semua kampus meliburkan kuliah tatap muka dan mengganti dengan kuliah daring biarpun begitu perkuliahan tetap berjalan dengan lancer.

Aksi menyanyi bersama ini dilakukan pekan lalu di tengah rapat koordinasi Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Seluruh Indonesia yang diketuai oleh Prof. Jamal Wiwoho yang merupakan Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dengan menggunakan aplikasi ZOOM Cloud Meeting.

Rektor Universitas Negeri Medan Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes ketika dimintai pendapat mengenai kegiatan menyanyi Bersama ini menyampaikan bahwa dia mengapresiasi ide dari Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho untuk bernyanyi bersama. “Ide ini sangat bagus dimana nyanyian kami ini merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menyerukan  social distancing dan physical distancing dalam upanya untuk memutus mata rantai virus covid-19. Agar para masyarakat tetap menjalani pekerjaan sebagaimana biasanya tetapi dengan cara bekerja dari rumah,” ujar Rektor UNIMED di kantornya (14/4/2020).

Lanjutnya Dr. Syamsul juga mengatakan selama pandemic virus corona semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Rektor juga mengatakan bahwa selama ini kegiatan kuliah daring UNIMED berjalan dengan lancar tanpa kendala karena UNIMED telah menyiapkan system yang mumpuni agar kegiatan pembelajaran berlangsung lancar yakni dengan menggunakan aplikasi SIPDA. Selain itu UNIMED juga memberikan bantuan kepada mahasiswa agar pembelajaran daring dapat berlangsung sukses.

Rektor UNIMED menambahkan selain melakukan upaya untuk mesukseskan pembelajaran daring UNIMED juga telah melakukan berbagai macam Gerakan kepedulian yang dilakukan oleh beberapa fakultas di UNIMED untuk membantu perekonomian masyarakat kurang mampu dengan membagikan sembako.

Di akhir kata Rektor mengatakan “Dengan menyanyi bersama saat Rapat koordinasi yang dapat menambah keakraban sesame rector PTN dan tentu juga untuk mengurangi kejenuhan tetapi biarpun kami menyanyi Bersama rapat koordinasi tetap berlangsung dengan lancar dan sukses,”.(Humas UNIMED/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW