Close

" The Character Building University "

Sistem Pracetak Sebagai Solusi Percepatan Pembangunan Perumahan Rakyat

Mahasiswa Jurusan Teknik Bangunan FT Unimed antusias mengikuti kuliah umum yang bertajuk “Penerapan sistem pracetak dalam upaya percepatan pemenuhan kebutuhan rumah” di Ruang Serbaguna Fakultas Teknik Unimed, Selasa (10/3). Acara ini mengundang Rusli, M.T. (Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan, Kementerian PUPR) sebagai pemateri tunggal.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., Turut hadir pula Wakil Dekan I Dr. Rosneli, M.Pd., Wakil Dekan II Dr. Eka Daryanto, M.T., Wakil Dekan III Prof. Dr. Nathanael Sitanggang, M.Pd., Kajur dan Kaprodi Teknik Bangunan, serta Dosen Teknik Bangunan Unimed.

Dalam sambutannya, Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wasasan mahasiswa mengenai penerapan sistem pracetak dalam upaya percepatan pemenuhan kebutuhan rumah. Rumah merupakan kebutuhan primer yang tak terpisahkan bagi masyarakat. Program pembangunan rumah nasional dari pemerintah untuk rakyat tersebut gencar dilakukan, untuk mendorong pembangunan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan rakyat menjadi lebih baik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka kuliah umum ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya pengembangan perumahan di wilayah I Medan. Kiranya mahasiswa dapat mengikuti acara ini dengan baik, sehingga dapat mengembangkan inovasinya dalam bidang perumahan.

Dalam paparannya, Rusli menjelaskan Paradigma pembangunan yang bersifat konsumtif diubah menjadi produktif. Pembangunan harus dimulai dari pinggiran daerah dan desa-desa, dengan meningkatkan sumber daya, memanfaatkan IPTEK, dan mental yang kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan membuat sistem pracetak sebagai solusi percepatan pembangunan rumah, seperti teknologi Balitbang pada e-katalog pembangunan kementerian PUPR. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW