Close

" The Character Building University "

LPM UNIMED “Kerja Nyata” Untuk UMKM Di Kab. Simalungun

22/08/2016

Simalungun – Hiruk pikuk kemerdekaan RI yang ke 71 juga masih terasa mewarnai kehidupan masyarakat di Kabupaten Simalungun yang tidak hanya diisi dengan acara hiburan akan tetapi acara aplikatif yang mengangkat tema “kerja nyata”hal tersebut juga dilakukan oleh LPM dan pemerintahan Nagori Dolok Maraja Simalungun. Acara yang dibingkai dengan pelatihan dan pendampingan serta penyerahan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) Oven bagi pelaku usaha Mikro Kecil  dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Simalungun.

Kegiatan yang digelar di Balai Pertemuan Nagori Dolok Maraja dihadiri oleh puluhan Pelaku UMKM yang aktif melakukan usaha disekitaran nagori dolok maraja, turut hadir dalam acara tersebut Seketaris LPM Unimed Muhti Hamjah, M.Si, Kepala Nagori Dolok Maraja Rusli, S.Pd.I,  Praktisi Pembukuan dan Administrasi Keuangan UMKM Dedy Husrizalsyah, M.Si dan ketua program Iptek Bagi Masyarakat (IbM) Irfandi, M.Si.

Ketua program IbM Irfandi, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program ini sudah berjalan sekitar 3 bulanan diawali dengan maping area, koordianasi dengan pemerintahan nagori, pemberian pelatihan serta pemberian alat sealer kemasan dan hingga hari ini merupakan puncak acara untuk memberikan bantuan alat Teknologi Tepat Guna berupa Oven roti untuk setiap kelompok.

UMKM Simalungun

Simalungun memiliki daerah pemasaran yang strategis untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan dimana dengan adanya program jalan lingkar danau toba dan danau toba sebagai monaconya Asia serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Seimangke yang juga berada di Kabupaten Simalungun yang merupakan sebuah peluang besar untuk UMKM dalam memasarkan serta mengenalkan produk.

Dan ini tak lepas juga peran pemerintahan kabupaten Simalungun yang seharusnya memberikan stimulanuntuk usaha rakyat  sehingga pembangunan dapat berjalan secara merata tidak hanya terpusat pada ibukota Kabupaten saja.“saat ini Unimed serius untuk meningkatkan perekonomian rakyat, maka sangat diperlukan sinergisitas dari kepala daerah juga untuk membangun daerah pinggir kabupaten simalungun, sehingga nadi peekonomian dapat brgerak maksimal pada setiap nagori”, cetus Koordinator Bidang Kerjasama dan Pengembangan Wilayah LPM Unimed yang juga putra daerah Simalungun tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Muhti Hamjah, M.Si bahwa LPM Unimed Serius untuk membina UMKM yang ada di Sumatera utara dalam tahun ini saja ada ratusan UMKM dan kelompok usaha masyarakat yang dibina dari awal sampai pemenuhan Teknologi tepat gunanya. “LPM berharap apa yang kita berikan mampu membantu usaha kecil hingga mampu bersaing pelaku usaha yang lebih mapan dengan stimulan yang telah diberikan.

Bila di ibaratkan UMKM disini seperti mendorong mobil yang siap untuk melaju maka saya punya keyakinan usaha rakyat akan punya prospect yang baiknya, apalagi bila pemkab juga secara simultan mendukung baik proses administrasi izin usaha, halal, dan izin kesehatan dar depkes inimakan membawa dampak yang lebih besar dari usaha rakyat tersebut” ungkap Muhti

Pangulu nagori Dolok Maraja Rusli, S.Pd.I dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih dan bangga karena Nagori Dolok maraja mendapat Bantuan dapat bekerjasama dengan kampus ternama di Sumatera Utara yaitu Universitas Negeri Medan.

Dan beliau berharap agar kerjasama yang selama ini dijalankan dapat terus dilanjutkan pada program-program yang lain, serta nagori Dolok Maraja terus mendapatkan pembinaan dan pendampingan sebagai desa Mitra sehingga dapat memberikan kontribusi positif serta peningkatan sumber daya manusia dan mampu mengelola sumberdaya yang ada secara optimal, harap Rusli. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW