Close

" The Character Building University "

UNIMED Gelar Temu Pers SNMPTN/SBMPTN tahun 2020

Pendaftaran seleksi Jalur SNMPTN dan SBMPTN tahun 2020 tidak lama lagi akan segera dibuka. Universitas Negeri Medan untuk mensosialisasikan informasi mengenai SNMPTN dan SBMPTN 2020 menggelar temu pers dengan 27 wartawan media massa cetak dan televisi.

Temu pers yang dilaksanakan di Ruang Inheren Gedung Biro Rektor UNIMED pada hari Rabu (04/12/2019) ini dihadiri oleh Rekor Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., Ketua Panitia SNMPTN-SBMPTN UNIMED tahun 2020 Dr. Restu, MS (Wakil Rektor I), Wakil Rektor II Dr. Martina Restuati, M.Si., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D., Kepala Humas M. Surip, M.Si., dan Kepala Subbagian UPT PUSKOM Yusri Effendi.

Dalam temu pers Rektor memaparkan dengan lugas informasi SNMPTN-SBMPTN Tahun 2020. “Pada tahun 2020 kouta daya tampung mahasiswa baru unimed adalah 7000 dengan rincian SNMPTN sebanyak 20%, SBMPTN sebanyak 50% dan MANDIRI sebanyak 30%,” ujar Dr. Syamsul,

Lanjutnya Rektor Dr. Syamsul mengatakan ada beberapa hal yang baru pada tahun 2020 ini yakni  Pemeringkatan Siswa pada PDSS dilakukan oleh Sekolah disini sekolah dapat menambah kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. Waktu Pelaksanaan UTBK 2020 berlangsung selama satu minggu (7 hari) dengan 14 sesi (dua sesi setiap hari) dan dilaksanakan di 74 pusat UTBK PTN, kemudian peserta UTBK hanya diperbolehkan Mengikuti Satu Kali Tes dan boleh memilih kelompok tes Saintek, Soshum dan Campuran dengan rincian biaya tes UTBK untuk kelompok Saintek dan Soshum Rp. 200.000,- sedangkan Kelompok Campuran Rp. 300.000,

“Adanya Kebijakan Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 dimana disini setiap peserta wajib registrasi akun melalui laman: http://portal.ltmpt.ac.id. Dan yang terakhir peserta pelamar program KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah dan ADIk, yang sekarang dinamakan BIDIKIMISI dapat mempelajari prosedur pendaftaran pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan http://adik.kemdikbud.go.id,” jelas Rektor.

Rektor Dr. Syamsul Gultom., M.Kes juga mengharapkan agar melalui bantuan media informasi pendaftaran SNMPTN-SBMPTN ini dapat disampaikan kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara agar setiap siswa SMA/SMK/MA/MAK yang memiliki motivasi kuliah dan punya kesempatan dapat mengikuti proses untuk mengikuti seleksi agar bisa kuliah di PTN. Kami juga berharap seluruh kepala sekolah dapat mengisikan data siswa di PDSS secara jujur dan benar.  Bagi masyarakat yang mengalami kendala dalam pendaftaran dapat memanfaat fasilitas bantuan dan kontak panitia pusat di Call Center  0804 – 1450 – 450.

“Semoga kita semua dapat dengan sukses melaksanakan sosialisasi informasi SNMPTN-SBMPTN 2020 dimasing-masing lokasi. Kita UNIMED siap memberikan bantuan terkait permasalahan yang dialami oleh pihak sekolah dalam mengisikan PDSS dan pendaftaran SNMPTN-SBMPTN,” Tutup Rektor.

Selain lewat media massa dan media social nantinya Unimed juga akan melaksanakan sosialisasi SNMPTN-SBMPTN 2020 ke-8 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Di masing-masing Kab/Kota dikirim satu orang tim untuk menjelaskan proses pengisian PDSS, pendaftaran SNMPTN-SBMPTN dan Portofolio dihadapan Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK. Selain menjelaskan proses di atas, Unimed juga memberikan spanduk dan brosur dalam bentuk cetak besar dan kecil kepada Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah dan operator sekolah sebagai pendukung dan penjelas informasi SNMPTN-SBMPTN 2020.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW