Close

" The Character Building University "

UNIMED Lakukan Persiapan untuk Peroleh Akreditasi Internasional AUN-QA

Ratusan fungsionaris Universitas Negeri Medan yang terdiri dari ketua jurusan, ketua program studi fakultas dan program pascasarjana antusias mengikuti Program Fasilitasi Persiapan Sertifikasi AUN-QA UNIMED yang dilaksanakan bertempat di Ruang Sidang A (02/12/2019). Kegiatan ini diadakan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNIMED dalam rangka mempersiapkan UNIMED memperoleh akreditasi internasional untuk mewujudkan UNIMED menjadi The World Class University. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari 02-03 Desember 2019 ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Satria Bijaksana yang juga merupakan Asesor AUN-QA.

Wakil Rektor I Dr. Restu, M.S ketika membuka acara menyampaikan “kami sangat senang dengan kehadiran prof. satria disini karena kami ingin mendengar secara langsung dari bapak bagiamana kiat-kiat agar UNIMED bisa masuk menjadi anggota dan mendapat sertifikasi internasional dari AUN-QA,”.

Lanjutnya Dr. Restu juga berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat memberi wawasan mengenai akreditasi initernasional. “kenapa kita memerlukan akreditasi internasional? Karena dengan adanya pengakuan/akreditasi internasional maka akan menambah kualitas UNIMED. UNIMED mempunyai tujuan untuk menjadi The World Class University maka persiapan awal yang harus kita lakukan adalah meningkatkan akreditasi internasional,” ujarnya.

Prof. Satria dalam paparannya menjelaskan AUN adalah sebuah kelompok yang terdiri dari perguruan tinggi yang ada di ASEAN yang dibentuk pada tahun 1968. AUN dibentuk dengan tujuan untuk penjaminan mutu pendidikan negara ASEAN karena perbedaan pendidikan di tiap negara karena pentingnya untuk mengukur kependidikan antar negara maka muncul salah satu agen AUN yakni quality assurance.

“AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) merupakan sebuah jaringan yang dibangun untuk menjamin mutu/kualitas peguruan tinggi dengan tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di ASEAN,” jelas Prof. Satria.

Lanjutnya Prof. Satria yang juga merupakan asesor AUN-QA menjelaskan ada 11 kriteria untuk dapat diakreditasi oleh AUN-QA yakni 1. Hasil dari Pembelajaran, 2. Spesifikasi Program, 3. Struktur dan Konten program, 4. Cara Pembelajaran di Kelas. 5. Karya Mahasiswa, 6. Kualitas dari Dosennnya, 7. Kualitas dari staf tendiknya, 8. Kualitas dan Dukungan Mahasiswa, 9. Sarana dan Prasarana Kampu, 10. Peningkatan Kualitas, dan Luaran yang dihasilkan.

Di Indonesia sendiri sudah ada 4 perguruan tinggi yang telah menjadi member AUN-QA dan 36 perguruan tinggi sebagai associate member. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW