Close

" The Character Building University "

LPPM lewat PTDM Tingkatkan Produksi Gula Semut di Tapsel

Produk Teknologi yang di Desiminasikan ke Masyarakat (PTDM) merupakan skema pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dan dikembangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderat Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan.

LPPM Unimed sebagai salah satu lembaga yang bergerak dalam melakukan hilirisasi produk teknologi hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Oleh karenanya, LPPM  Unimed tahun 2019 ini telah mendapat kepercayaan Kemenristekdikti untuk menjalankan PTDM di Kabupaten Tapanuli Selatan. Sasaran mitra kegiatan ini adalah Kelompok pengrajin gula semut yang berlokasi di Desa Arse Jaya, Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dalam pelaksanaan PTDM, Kepala LPPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, M.E, telah menyerahkan seperangkat alat bantu produksi gula semut berbasis teknologi untuk peningkatan produksi pembuatan gula semut berupa mesin pengkristal gula semut, mesin pengayak gula semut, dan mesin pengering gula semut kepada Ketua Kelompok Pengrajin Gula Semut Arse Jaya Bapak Pahmi Pane.

Dalam sambutannya Kepala LPPM Unimed menjelaskan bahwa PTDM ini bertujuan untuk mempercepat diseminasi dan pemanfaatan produk teknologi yang potensial dari LPPM ke masyarakat, serta merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk berbasis teknologi khususnya produksi gula semut, sehingga pada akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan pengarjin gula semut.

Pelaksanaan PTDM yang di Ketuai oleh Dadang Mulyana, sebagai salah satu dosen Unimed beserta dua Anggota Pelaksana yaitu Ibu Novita Indah Hasibuan dan Ibu Ani Sutiani, menyampaikan bahwa Produksi gula semut yang dihasilkan masyarakat Desa Arse Nauli telah cukup baik walaupun masih menggunakan peralatan sederhana, sehingga berdasarkan survei awal dan diskusi dengan Bapak Pahmi Pane selaku ketua kelompok pengrajin gula semut,  diketahui bahwa permasalahan dalam pengembangan usahanya untuk meningkatkan produksi gula semut perlu sentuhan teknologi.

Berdasarkan hal tersebut maka sesuai tujuan PTDM maka dikembangkan beberapa alat untuk membantu peningkatan produksi gula semut tersebut, yang berupa mesin pengkristal gula semut, mesin pengayak gula semut, dan mesin pengering gula semut. Diseminasi peralatan tersbut mampu meningkatkan produksi gula semut yang dilakukan pengrajin gula semut di Desa Arse Nauli.

Melalui pendekatan pendampingan program dan pemanfatan alat-alat tersebut diungkapkan Ketua Kelompok Pengrajin Gula Semut Desa Arse Nauli, Pahmi Pane, bahwa dengan beberapa peralatan yang diberikan sangat membantu produksi gula semut yang telah ditekuninya selama 15 tahun. Produksi gula semut meningkat untuk memenuhi permintaan dari konsumen di sekitar kecamatan Arse, bahkan sampai ke Kota Medan. Pahmi Pane berharap program diseminasi ini dapat terus berlanjut untuk beberapa komiditi yang dihasilkan di wilayah Desa Arse seperti Kopi dan Minyak Srih.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW