Close

" The Character Building University "

PPS UNIMED Gelar Seminar Internasional ICoSTA 2019

Program Pasca Sarjana Unimed menggelar International Conference on Science and Technology Application 2019 ( ICoSTA ). Acara tersebut berlansgung selama dua hari yaitu tanggal 13-14 November 2019 di Garuda Plaza Hotel, Medan

Hadir pada acara pembukaan The International Conference On Science and Technology Applications 2019 tersebut Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., yang dalam kesempatan ini mewakili Rektor Unimed, Direktur PPs Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd., Wakil Direktur I dan Wakil Direktur II PPs, serta para Kaprodi di lingkungan Pasca Sarjana Unimed.

Wakil Rektor III Prof. Sahat Siagian membuka secara resmi acara tersebut. Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat datang terkhusus kepada para narasumber, “ kami mengucapkan terimakasih karena telah hadir untuk membagikan ilmunya dalam Konferensi Internasional ini tentang Aplikasi Sains dan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0” ungkapnya.

Lebih lanjut Prof. Sahat Siagian mengatakan dalam persentasi konferensi ini akan membahas berbagai disiplin ilmu yang akan menyumbangkan banyak ide yang menginspirasi tentang topik-topik penelitian sains dan teknologi terkini yang sedang tren di seluruh dunia. Dengan mengikuti Konferensi Internasional ini diharapkan semua dosen dan mahasiswa potensial akan membagikan temuan penelitiannya, untuk meningkatkan kualitas proses dan teknologi hasil penelitian kalian. Dengan demikian, aplikasi penelitian teknologi dan ilmu pengetahuan akan berkontribusi dan memicu para dosen dan pendidik profesional muda untuk bersaing dalam penemuan produk inovatif dan penelitian untuk memenuhi Revolusi Industri 4.0. Diakhir sambutannya ia mengatakan, “saya berharap dengan sikap ilmiah dan keterampilan, melalui penelitian diharapkan akan mengembangkan dan meningkatkan Unimed untuk menjadi Universitas kelas dunia. Semoga ditahun – tahun berikutnya konferensi internasional ini terus diadakan guna untuk membahas tentang aplikasi sains dan teknologi di tahun – tahun medatang”.

Dalam kesempatan ini Direktur PPs Unimed Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd memberikan kata sambutan, ia menyampaikan konferensi internasional ini akan menjadi agenda rutin di program Pascasarjana Unimed sekarang. “Saya senang Konferensi Internasional tentang Aplikasi Sains dan Teknologi 2019 direalisasikan tahun ini dengan berbagai penyaji, dosen, dan mahasiswa dari berbagai Universitas, baik di dalam maupun di luar Sumatera Utara dapat berpartisipasi dalam konferensi internasional ini. Publikasi konferensi ini akan diserahkan ke Journal of Physics Conference Series (JPCS) yang diindeks oleh Scopus, Google Cendekia, dan beberapa indeks internasional “ungkap Prof. Bornok.

Ia mengatakan,melalui konferensi, mahasiswa pascasarjana akan dapat meningkatkan penulisan jurnal mereka.Kita mengundang pembicara dari beberapa negara yaitu Prof. Dr. Jakrapong Kaewkhao dari Nakhon Pathom Rajabath University- Thailand, Prof. Dr. Hadi Nur, M.Sc dari Universiti Teknologi Malaysia, Prof. Dr. Supon Ananta dari Chiang Mai University Thailand, dan Dr. R. Rajaramakrishna dari The National College Jayamagar Bangalose, India, ke empat narasumber ini akan menyajikan topik yang mencakup multi disiplin ilmu, Mereka akan menyumbangkan banyak input yang menginspirasi yang mana saat ini rending topik penelitian sains dan teknologi di seluruh dunia. Saya berharap bahwa sikap dan keterampilan ilmiah melalui penelitian akan mempromosikan Unimed menjadi universitas terkenal yang terus dikembangkan, sehingga unggul di masa depan”.

Diakhir sambutannya selaku Direktur Pasca Sarjana Prof. Bornok Sinaga mengucapkan banyak terimakasih kepada Rektor Unimed, yang selalu mendukung Program Pasca Sarjana dalam menyelenggarakan konferensi.

(IC0STA) menghadirkan 4 pembicara yang diundang dari UTM Malaysia, NPRU Thailand, Universitas Chiang Mai Thailand, dan Bangalose, India.
Selain itu, presenter berasal dari berbagai Universitas, Institusi, Akademi, dan Sekolah Pemerintah dan Swasta. Beberapa Badan Energi (BATAN), Chikkaballapur-India, NPRU Thailand, Universitas Indonesia Jakarta, Bogor, Jambi, Aceh, UNJ Jakarta, Padang, Palembang, IPB Bogor, LIPI Serpong, BINUS Jakarta, ITS Surabaya, USU Medan, UGM Yogyakarta, Bandung. Meraka yang akan duduk dalam ujian pertahanan lisan adalah peneliti dari National Atomic.

Sebanyak 80 makalah yang akan disajikan secara lisan dalam sesi paralel dan yang lain disajikan melalui poster. Setelah itu Artikel-artikel akan ditinjau dan diterbitkan oleh Journal of Physics: Conference Series (JPCS) yang diindeks oleh scopus. Hal ini disampaikan oleh ketua pelaksana ICoSTA 2019 Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW