Close

" The Character Building University "

BPIP Beri Kuliah Tamu Tentang Pancasila pada Ratusan Mahasiswa Unimed

Ratusan mahasiswa Unimed berkesempatan memperoleh pemahaman tentang Pancasila langsung dari tiga Narasumber dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yaitu Dr. Shely Cathrin M.Phil Dosen Pendidikan Pancasila Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kol. Drs. Dendi T , SH, M.Si Pejabat di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) serta Satriwan Salim, S.Pd., M.Si pengajar Pancasila Labs School Jakarta dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam kuliah tamu di Mata Kuliah Pendidikan Pancasila yang diampu oleh Feriyansyah, M.Pd. dan Fazli Rahman, M.Pd. di ruang sidang lantai 4 Digital Library Unimed (07/11/2019).

Mahasiswa saat ini merupakan generasi digital atau Generasi Z berada diera kebanjiran informasi sehingga mahasiswa saat ini mengahdapi berbagai tantangan untuk mengaktualisasikan Pancasila sebagai Nilai Dasar. Masa depan Republik Indonesia sepanjang mencintai dan mengaktualisasi sesuai bahasa zaman mereka maka narasi kebangsaan Indonesia tetap terawat dan terjaga. Hal ini disampaikan oleh Satriwan Salim dari pengajar Pancasila Labs School Jakarta dan Universitas Negeri Jakarta.
Selanjutnya, Kol. Drs. Dendi T , SH, M.Si dari Pejabat di Kementerian Pertahanan menguatkan tentang pentingnya memahami sejarah perjuangan bangsa untuk membentuk pemahaman yang menyeluruh tentang Pancasila. Nilai-nilai pancasila merupakan suatu harapan dari perjuangan kebangsaan.

Dr. Shely Cathrin M.Phil menambahkan bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki modal kebangsaan yang kuat yaitu Gotong Royong sebagai intisari dari aktualisasi nilai Pancasila.

Feriyansyah selaku dosen Pancasila Unimed menuturkan bahwa kebangsaan Indonesia merupakan sebuah revolusi intelektual, karena dahulu anak-anak muda mampu membangun sebuah perjuangan intektual tentang kebangsaan Indonesia yang merdeka sehingga mahasiswa generasi digital saat ini harus merawat narasi kebangsaan dengan intelektualitas.

Fazli Rahman dosen PPKN Unimed berterima kasih atas kehadiran ketiga narasumber dari BPIP karena memberikan pemahaman yang dalam tentang Pancasila, dan diaharpkan pertemuan ini menambah wawasan untuk mata kuliah ini.

Pertemuan ini diakhiri dengan memberikan kenang-kenangan kepada ketiga narasumber Buku Kewargaan Digital karya dosen Unimed yaitu Feriyansyah, Muhammad iqbal dan Janner Simarmata. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW