Close

" The Character Building University "

Pemanfaatan E-Learning dalam Hasilkan Lulusan yang Dapat Bersaing di Era RI 4.0

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan “Seminar Nasional Tahunan Ilmu Sosial UNIMED 2019”, Acara berlangsung di Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan, 31/10/2019.

Acara seminar dibuka oleh Wakil Rektor I Dr. Restu, MS, didampingi Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, Kajur, kaprodi serta dosen-dosen dan ratusan mahasiswa.

Kegiatan seminar nasional ini mengundang tiga narasumber Yaitu : Dr. Restu, M.S (Unimed), Dr. Huriah Rahmah, M.Pd (Universitas Islam Bandung) dan Dr. Siti Halimah, M.Pd (Univeritas Islam Negeri Sumatera Utara).

Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Restu, MS, dalam sambutannya mengatakan, agar kegiatan seperti ini terus kita galakkan di kampus tercinta ini. Pelaksanaan blanded-learning menuntut dosen dan mahasiswa untuk dapat berkomunikasi secara interaktif dengan memanfaatkan teknologi dan komunikasi sehingga memerlukan dukungan media komputer dan internet. Ini menjadi syarat mutlak keterlaksanaan kegiatan pembelajaran blanded-learning agar setiap mahasiswa bisa berpartisipasi pada web pembelajaran, menanggapi email dan chatting yang membutuhkan ketersediaan jaringan yang memadai, ungkapnya”.

Dekan FIS, Dra. Nurmala Berutu M.Pd juga menyampaikan bahwa seminar ini diharap dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada mahasiswa serta meningkatkan wawasan dosen dalam konteks menghadapi tantangan era industri 4.0 lebih dari itu , civitas akademika dan masyarakat diharapkan memiliki literasi baru yaitu literasi teknologi, literasi data dan literasi kemanusiaan.

Dr. Huriah Rahmah, M.Pd dalam paparanya Menyampaikan Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran merupakan salah satu wujud inovasi teknologi pembelajaranyang berupaya mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dengan konten pembelajaran. Dalam suasana pembelajaran demikian, mahasiswa merasa fun dalam menyelesaikan tugas-tugas belajar dikarenakan proses belajarnya terfasilitasi sesuai dengan kebutuhan dan keadaan zamanya. Dengan bantuan teknologi informasi mahasiswa dapat mengumpulkan informasi ilmu pengetahuan secala luas tanpa ada batasan ruang waktu.

Dr. Siti Halimah, M.Pd Menyampaikan Perkuliahan dengan memanfaatkan e-learning diwujudkan perlu segera selain untuk memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa juga sebagai respon terhadap tuntutan perkembangan pembelajaran di perguruan tinggi yang bertujuan mempersiapkan para lulusanya agar bisa bersaing di era industri 4.0 sebagai era digital. (Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW