Close

" The Character Building University "

Dosen FIK UNIMED Tingkatkan Pembelajaran di SMP UMMI FATIMAH MEDAN

Dimasa sekarang ini digiitalisasi sangatlah penting bagi guru untuk meningkatkan metode pembelajaran. Melalui bahan ajar kurikulum 2013 yang dipadu padankan dengan teknologi maka anak anak akan lebih mudah dan cepat dalam menerima materi pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru.

Berlandaskan ide tersebut Dosen FIK Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan pengabdian masyarakat demi meningkatkan kompetensi guru dalam mendidik anak didiknya. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk pembimbingan pembuatan bahan ajar kurikulum 2013 yang ditujukan bagi guru-guru yayasan pendidikan smp ummi fatimah medan, Jalan Tuasan No. 87 Kel. Sidorejo Hilir Kec. Medan Tembung. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu, 26/10/2019

Kegiatan pembimbingan ini diikuti 13 orang guru SMP yang ada di Yayasan Pendidikan SMP Ummi Fatimah Medan terdiri dari guru lintas mata pelajaran dan juga turut di hadiri oleh kepala sekola sebagai peserta juga. Kegiatan pendampingan ini dilakukan oleh tiga orang dosen yakni Dr. Nurkadri, M.Pd, selaku ketua pelaksana dan anggota Dr. Amir Supriyadi, M.Pd, Dr. Sabaruddin Yunis, M.Pd

Ketua pelaksana Dr. Nurkadri menjelaskan bahwa alasan melakukan kegiatan ini dikarenakan selama ini guru guru smp yang ada di yayasan tersebut belum pernah melakukan pelatihan pelatiha atau pun workshop yang sejenis. Maka kegiatan PKM inilah yang pertama sekali dilakukan di sekolah tersebut. Inilah salah satu sebabnya mengapa peneliti melaksanakan kegiatan ini di sekolah tersebut.

“pembimbingan ini juga membukakan wawasan para guru-guru bahwa bahan ajar yang bisa di buat oleh guru sebenarnya tidak harus mahal ataupun sulit mencarinya. Salah satu contoh guru membuat video sesuai dengan mata pelajaran dan materi yang akan di ajarkan kemudian upload melalui youtube dan guru memohon izin kepada yayasan dan kepsek untuk memberikan izin kepada murid untuk membawa HP ke sekolah sehingga anak didik dapat melihat bahan ajar yang telah diunggah untuk bahan belajar,” ujar Dr. Nurkadri .

Dr. Nurkadri juga mengatakan untuk pembuatan bahan ajar ini tidaklah susah bahkan sangat mudah tapi itu semua tergantung pada kemauan, motivasi, pemanfaatan dan kreatifitas gurunya.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW