Close

" The Character Building University "

LPPM UNIMED ; Hasil Penelitian dan Pengabdian Dosen Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

Dalam melaksanakan perannya untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, LPPM Unimed menyelenggarakan seminar nasional dengan mengangkat tema “Sinergi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam menghadapi disruptive innovation untuk mendukung era revolusi industri 4.0”, seminar ini juga menjadi wadah para dosen Unimed yang memperoleh hibah dana penelitian dan pengabdian tahun 2019 ini untuk mendesiminasi temuan dan dampaknya bagi masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan di Le Polonia Hotel Medan, 30/10/19, menghadirkan tiga narasumber yakni ; 1. Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.,(Unimed) 2. Prof. Dr. Suyanta, M.Si.,(UNY) 3. Ir. Santosa Yudo Warsono, MT (Kemenristek Dikti). Kegiatan yang di buka oleh Rektor Dr. Syamsul Gultom, M.Kes, ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor II dan IV, para Dekan, Direktur PPs, Ketua LPPM, Ketua LPPMP dan ratusan dosen Unimed.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes., dalam sambutannya mengatakan LPPM Unimed harus kita dorong menjadi lembaga terdepan yang akan menghasilkan produk-produk penelitian dan pengabdian dosen yang diarahkan mampu menjawab permasalahan masyarakat Sumatera Utara. Kita berharap hasil penelitian dan pengabdian dosen dapat membantu meningkatkan tarap hidup masyarakat, karena satu fungsi kita sebagai perguruan tinggi adalah kebermanfaatan kehadiran kita untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Lanjut Dr. Syamsul juga mengatakan bahwa produk pengabdian masyarakat dosen Unimed telah banyak membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, menyumbangkan alat-alat mesin yang dibutuhkan masyarakat dan melatih masyarakat untuk terampil meningkatkan taraf hidup mereka. Itu adalah hal yang luar biasa perjuangan bapak/ibu dosen. “Kita berharap tahun depan kegiatan pengabdian harus lebih inovatif dan menyesuaikan dengan tantangan kemajuan zaman. Untuk hasil penelitian akan kita arahkan yang sama, haruslah hasil penelitian dosen kita juga bermanfaat bagi pengembangan tarap hidup masyarakat. Tentunya melalui tindaklanjut hasil penelitian dan harus kita publikasikan kepada masyarakat melalui jurnal internasional bereputasi, jurnal nasional terakreditasi dan media massa yang relevan agar masyarakat bisa membacannya dengan baik,” pungkasnya.

Hasil penelitian dan pengabdian dosen juga harus mampu menjawab untuk ketercapaian visi dan misi Unimed menjadi Universitas yang unggul dibidang pendidikan rekayasa industri, dan budaya. Keunggulan hasil penelitian dan pengabdian tentu perlu diimbangi dengan upaya keras dalam meningkatkan sistem informasi yang tepat, cepat, dan akurat agar menghasilkan penelitian yang inovatif dan kreatif, yang mampu memberikan nilai tambah pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). “Saya menyambut baik kumpulan abstrak yang merupakan kompilasi rangkuman desiminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SNP2M ) Tahun 2019. Saya mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah bersedia membagikan ilmunya dalam seminar nasional ini, ia juga menghimbau kepada seluruh peserta yang mengikuti seminar nasional ini tetap semangat, manfaatkan seminar ini dengan baik, dan semoga kumpulan abstrak dari hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan dan j menjadi sumber inspirasi untuk berinovasi dalam melakukan penelitian pada tahun-tahun berikutnya.

Ketua LPPM Dr. Kustoro Budiarta, ME, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini nanti akan dibagikan buku seri kumpulan abstrak seminar nasional penelitian dan pengabdian masyarakat (SNP2M) tahun 2019, yang mana dalam buku tersebut terdapat kumpulan abstrak dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dari berbagai bidang yakni bidang Pendidikan, Teknologi, Sains, Sosial, dan Humaniora. Penyebarluasan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan dan penguatan kerjasama dengan mitra Unimed. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pimpinan, pembicara, pemakalah, moderator, dan berbagai pihak yang telah berpastisipasi dalam kegiatan Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2019.

Setelah acara pembukaan selesai, acara dilanjuti dengan pemberian cendera mata oleh Rektor Unimed kepada Narasumber dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Narasumber, kemudian sesi tanya jawab, dan diakhiri presentasi semua dosen yang berhasil melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sesi paralel. (Humas Unimed/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW