Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Wujudkan Desa Wisata dan Budaya di Desa Kelambir Pantai Labu

Sumatera Utara memiliki banyak potensi wisata budaya dan pendidikan yang belum dimanfaatkan dengan baik. Salah satu diantaranya adalah berbagai peninggalan sejarah dan budaya di Desa Kelambir, Pantai Labu. Potensi wisata Desa Kelambir belum dimanfaatkan oleh pemerintah desa dan masyarakat setempat.

Atas dasar inilah LPPM Unimed mengadakan kegiatan Pengembangan Desa Wisata Budaya dan Pendidikan pada tanggal 18 Oktober 2019 Di desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu Kabupatan Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini melibatkan tiga orang dosen Unimed, yaitu Dr. Ida Liana Tanjung, M.Hum, Drs. Heri Soeprayogi, M.Si dan Dra. Trisni Andayani, M.Si. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa, tokoh masyarakat, Ibu-ibu PKK dan Karang Taruna.

Di dalam kegiatan pengembangan wisata budaya dan pendidikan/di Desa Kelambir, Dr Ida Liana Tanjung M.Hum (Ketua divisi Sejarah Pussish LPPM Unimed) selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa Desa Kelambir dapat dikembangkan sebagai Desa Wisata Budaya dan Pendidikan. Pengembangan dapat dilakukan dengan cara menjadikan Rumah Datuk Setia Maharaja sebagai Museum Desa, membuat barang-barang cinderamata dari pohon kelapa., miniatur dan menghidupkan kembali tradisi-tradisi dan budaya desa.

Pembuatan cindera mata dari bahan pohon kelapa menurut Drs. Heri Soeprayogi (dosen Pendidikan Seni Rupa Unimed) perlu dikembangkan karena pohon kelapa menjadi ciri khas Desa Kelambir karena di dalam bahasa Melayu, Kelambir berarti pohon kelapa itu sebabnya mengapa cindera mata harus berasal dari pohon kelapa karena itulah yang menjadi ciri khas dari desa kelambir ini.

Selanjutnya, Dra. Trisni Andayani, M.Si (dosen Pendidikan Antropologi Unimed) menambahkan bahwa selain cinderamata, tradisi budaya Desa Kelambir perlu dihidupkan kembali sebagai potensi wisata budaya.

Kepala Desa Kelambir, Sahrial SE merasa sangat senang dan mengapresiasi bantuan dan partisipasi LPPM Unimed dalam membantu mengembangkan potensi wisata Desa Kelambir. Selama ini masyarakat Desa Kelambir belum mengetahui dan memahami arti penting menjaga dan mengembangkan berbagai peninggalan sejarah di Desa Kelambir. (Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW