Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Tingkatkan Kompetensi Guru SD Tanjung Beringin dengan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi

Di era digital saat ini semakin beragam macam model pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang dapat digunakan sesuai dengan konteks pembelajaran. Dalam memperbaiki proses pembelajaran diantaranya dapat digunakan model pembelajaran picture and picture berbasis teknologi

Untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam menggunakan model pembelajaran picture and picture berbasis teknologi tiga orang dosen Universitas Negeri Medan melalui LPPM UNIMED mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan guru dalam penggunaan model pembelajaran picture and picture berbasis teknologi. Kegiatan pendampingan ini dilakukan di SD Negeri 102050 Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2019.

Ketiga dosen UNIMED yang mengadakan pendampingan ini yakni Apiek Gandamana, S.Pd., M.Pd dari jurusan PGSD, Ika Purnama Sari, S.Pd., M.Si dari jurusan Pendidikan Sejarah, dan Dr. Hermawan Syahputra, S.Si., M.Si dari jurusan Ilmu Komputer.

“Model pembelajaran picture and picture itu sendiri adalah cara belajar yang menggunakan gambar dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis. Dengan alasan model ini lebih mudah dimengerti oleh peserta didik dan peserta didik pun lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa menjadi termotivasi untuk melakukan kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar pun menjadi lebih baik,” ujar Apiek ketika membuka acara pendampingan.

Lanjutnya dosen PGSD ini juga menjelaskan bahwa kegiatan pendampingan kali ini mengambil tema “upaya meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan model pembelajaran berbasis teknologi”. Guru-guru SD Negeri 102050 Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai  yang menjadi sasaran utama dalam kegiatan ini. Guru-guru tersebut diberikan pendampingan dan pelatihan cara menggunakan media gambar dari komputer seperti gambar animasi untuk digunakan dalam model pembelajaran picture and picture.

Dormin Hutagaol, S.Pd. selaku Kepala SD Negeri 102050 Desa Pekan Kec. Tanjung Beringin Kab. Serdang Bedagai, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ketiga orang dosen Unimed tersebut. “Guru-guru senang dengan pendampingan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh dosen Unimed, karena dengan penggunaan teknologi tersebut model pembelajaran picture and picture lebih menarik disampaikan kepada siswa dan guru-guru akan terbiasa menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas”, ungkap Dormin Hutagaol, S.Pd Kepala SD Negeri 102050 Desa Pekan Kec. Tanjung Beringin Kab. Serdang Bedagai tersebut.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW