Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Latih Guru Al Hijrah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Animasi

Pada era revolusi industri 4.0 ini, metode pengajaran harus mempertimbangkan materi yang diajarkan kepada peserta didik adalah sesuatu yang akan mereka gunakan di masa mendatang.  Oleh itu guru harus dapat menciptakan media pembelajaran yang tepat sasaran dan berbasis IT sehingga peserta didik dapat menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0.

Menjawab hal tersebut LPPM UNIMED melalui Tim PKM UNIMED yang terdiri dari Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si. selaku ketua dan anggota Budi Halomoan Siregar, S.Pd., M.Sc. serta Arnah Ritonga, S.Si., M.Si. yang juga mengadakan Kegiatan Pendampingan bagi Guru Sekolah Binaan dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terakses Daring di Yayasan Al Hijrah 2 Laut Dendang pada tanggal 7, 14 dan 21 September 2019. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Pendidikan Matematika Dhara Chiltya Simamora, dan Dini Liya Meirani.

“kegiatan ini kami lakukan agar para guru nantinya dapat mampu memahami pemanfaatan digital dalam dunia pendidikan. dengan kegiatan ini juga guru dapat membuat sebuah media pembelajaran yang menarik dan tepat sasaran sehingga peserta didik dapat belajar dengan semangat dan fokus selain itu kami berpendapat seorang guru juga harus dapat mengenalkan teknologi kepada peserta didik karena pengenalan teknologi pada peserta didik di era revolusi industri 4.0 sangatlah perlu. Oleh karena itu guru wajib menguasai IT/ICT. Hal ini sesuai yang dikatakan tokoh pendidikan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. bahwa guru harus paham teknologi agar bisa menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0,” ujar Dr. Abil Mansyur.

Kepala Sekolah SMP Al Hijrah, Taufik, S.Pd. menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak UNIMED yang bersedia melakukan pendampingan kepada guru-guru. “Kegiatan sepertini sangatlah perlu mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju maka guru harus dapat berinovasi dalam membuat media pembelajaran sehingga siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran dan akhirnya dapat menghasilkan karya,” pungkas Kepala Sekolah SMP Al-Hijrah.

Budi Halomoan menjelasakan materi yang diberikan kegiatan pendampingan ini mengenai Software Filmora, PPT (Power Point), GeoGebra, dan Video Scribe serta pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran.

Pendampingan ini diikuti  15 orang guru Yayasan Al Hijrah 2 Laut Dendang. Guru-guru terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pendampingan ini karena materi yang diajarkan sangat relevan dengan revolusi industri 4.0 saat ini. Pada kegiatan ini, TIM PKM menyerahkan sebuah channel youtube kepada pihak Yayasan Al Hijrah 2 Laut Dendang yang berisi video-video pembelajaran yang telah dibuat oleh peserta pelatihan. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW