Close

" The Character Building University "

Mahasiswa FE UNIMED Kuliah Sit-In Di Universitas Brawijaya

26/01/2016

Medan – Fakultas Ekonomi Unimed dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dan kualitas lulusannya dengan melakukan kerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (UB) dalam program Sit-In. Dalam program ini mahasiswa FE Unimed akan mengikuti kuliah reguler selama satu semerter di FEUniversitas Brawijaya Malang. Setelah mereka mengikuti perkuliahan selama satu semester tersebut dan mereka kembali kekampus Unimed, maka mereka tinggal melanjutkan studi pada semester lanjutan berikutnya. Mahasiswa FE Unimed yang akan mengikuti program Sit-In tersebut berasal dari jurusan akuntansi. Kegiatan ini  merupakan bagian hasil kerjasama antara Fakultas Ekonomi Unimed dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB.

Proses yang dilalui oleh mahasiswa FE Unimed untuk mengikuti program Sit-In di UB Malang ini adalah diawali dari proses pendaftaran, seleksi berkas, tes tertulis, wawancara dan pengumuman kelulusan.  Terpilih lima orang mahasiswa yang akan mengikuti program sit-in yang akan dimulai perkuliahannya pada 15 februari hingga 3 juni 2016 mendatang. Kelima mahasiswa tersebut ialah ; Dina Lisaumi (NIM 7133220018), Handayani Sitorus (NIM 7133220029), Rifdah Riyan Dara (NIM 7133220056), Ade Aulia Rizky (NIM 7133000001), dan Sukerman (NIM 7131220022).

Dekan FE Unimed Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D mengungkapkan bahwa tujuan dari program sit-in ini adalah agar terbentuknya sinergi proses belajar mengajar antara FE Unimed dengan kampus tujuan yakni FE UB dalam rangka membentuk atmosfir akademik yang lebih baik. Selain itu kita berharap adanya hasil dalam peningkatan kualitas potensi lulusan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan visi Fakultas Ekonomi Unimed, yakni membentuk lulusan yang unggul dalam bidang pendidikan ekonomi dan bisnis.

Prof Indra juga mengungkapkan, Unimed akan menanggung uang kuliah setiap mahasiswa yang akan mengikuti program sit-in ini selama satu semester tersebut untuk mengikuti kuliah di UB Malang. Kita juga akan memberikan pendampingan proses awal kuliah dan untuk mendapatkan tempat kost. Peserta juga akan diberikan akomodasi berupa biaya tiket keberangkatan serta kepulangan setelah program sit-intersebut selesai. Kita sangat berharap program sit-in semester berikutnya akan diikuti oleh lebih banyak mahasiswa FE Unimed, karena program ini sesungguhnya sangat baik untuk meningkatkan wawasan keilmuan dan kualitas potensi diri.

Senada dengan itu, Sekretaris Jurusan Akuntansi, Dr. Nasirwan, SE, M.Si, Ak, CA, mengatakan tujuan pertukaran pelajar ini adalah untuk memberikan atmosfer belajar yang berbeda kepada mahasiswa. “Tujuan program ini adalah bagaimana mahasiswa kita bisa melihat suasana belajar di Universitas Brawijaya, kemudian membandingkannya dengan di Unimed. Apalagi UB merupakan universitas terbaik di wilayah Jawa. Kita berharap sekembalinya dari sana mahasiswa kita ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa yang lain”, katanya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Akuntansi Drs. Muhammad Ishak, SE., M.Si., Ak., CA. mengatakan, persyaratan mengikuti program sit-in ini yaitu harus memiliki IPK minimal 3,0 serta lulus tes tertulis dan wawancara. Proses tersebut menuntut mereka harus memiliki potensi diri yang baik agar mereka tidak merasa kesulitas menyesuaikan diri pada saat mengikuti kuliah nanti di UB. ( Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW