Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Bantu Pengrajin Opak di Samosir

Ketua Program Kemitraan Masyarakat(PKM) Drs Pudin Saragih didampingi Prof Dr Harun Sitompul M.Pd dan Aprinawati SE.MM memberikan bantuan alat pengering kepada Nantogi Sinaga, pengrajin Opak warga Desa Sianjur Mula-mula Kecamatan Sianjur Mula-mula, Selasa (9/10/2019).

Pemberian bantuan alat pengering itu guna mengatasi masalah dan kendala yang dihadapi pengerajin Opak di Kabupaten Toba Samosir kususnya warga Desa Sianjur Mula-mula.

Drs Pudin Saragih mengatakan program PKM dibiayai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Dikti melalui Universitas Negeri Medan sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian dosen kepada Masyarakat. Tim pelaksana menerima permohonan dari pengrajin untuk diusulkan ke DRPM. Namun, sebelumnya tim pelaksana melakukan survei lokasi dan mendata permasalahan yang dialami pengrajin sehingga mendapatkan solusi dari hasil diskusi. Selain itu juga , proposal diseleksi secara Nasional dan prosesnya cukup ketat.

“Target kami produk Opak Nantogi Sinaga bisa menjadi oleh-oleh khas Samosir dan bisa masuk mini market” ujar Pudin Saragih yang turut didukung aparat desa setempat saat menyaksikan penyerahan alat pengering tersebut.

Selanjutnya. Selain, menyerahkan bantuan alat pengering, kompor gas dan alat-alat kelengkapan, Tim pelaksana Program juga mendampingi Mitra pelaku UMKM dalam manajemen usaha dan pemasaran produk Opak, supaya bisa bersaing di pasaran. Sementara, Nantogi Sinaga menyampaikan sangat berterima kasih atas adanya bantuan tersebut. Dan dia berharap agar program yang sama terus berlanjut dan ditingkatkan, karena sangat membantu pelaku usaha Mikro.

“Saat musim hujan kami sangat kesulitan mengeringkan opak, bahkan sering para pengrajin menghentikan produksi sehingga berdampak kurang baik. Tapi dengan adanya bantuan ini maka, kami akan sangat terbantu,” ucap Nantogi.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW