Close

" The Character Building University "

Dosen Unimed Dukung Program Nasional SLBM di Desa Paya Gambar Deli Serdang

Kab. Deli Serdang – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Unimed) melakukan pendampingan kepada masyarakat di Desa Paya Gambar Kabupaten Deli Serdang, dalam mendukung program nasional tentang Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) yang telah di canangkan pemerintah sejak Tahun 2004 melalui Undang-Undang No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, PP No. 16 Tahun 2008 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Pengelolaan Air Limbah. Selama dua bulan terakhir telah dilaksanakan pemdampingan kepada masyarakat dengan dukungan dana hibah kompetisi pengabdian dari DRPM Kemenristekdikti.

Tim Pengabdian Unimed yang melakukan pendampingan dalam program pengabdian masyarakat adalah Dr. Darwin, ST., M,Pd sebagai Ketua, anggota Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si., M.Sc., dan Drs. Muslim, M.Pd.
Dr. Darwin kepada reporter Humas mengatakan ; kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sanitasi lingkungan, pembentukan Kelompok Sadar Lingkungan (Pokdarling) dan Program Kerjanya, serta memodifikasi alat pembersih drainase dari mesin pemotong rumput type Tanika TNK-328ER.

Kegiatan pengabdian dengan pendamping LPPM didukung penuh oleh Kepala Desa Paya Gambar Viktor Silaban dan Ketua LKMD Alibonar Siregar, Pengurus PKK serta dukungan dari empat kepala dusun, yang secara keseluruhan kegiatan telah berjalan dengan baik dan lancar. Aparat Desa dan masyarakat mengikuti kegiatan dengan serius dan antusias karena materi dan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kepala Desa Paya Gambar Viktor Silaban mengatakan “Pemerintah Desa dan masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya pembentukan kelompok sadar lingkungan (Pokdarling) dan pemberian fasilitas pembersih drainase dalam rangka mewujudukan Desa Paya Gambar yang bersih dan sehat, seperti penghijauan, senam kebugaran dan pengolahan sampah. Muara akhir pasca terbentuknya Pokdarling, diharapkan beberapa tahun ke depan Desa Paya Gambar dapat menjadi nominasi desa pada lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) di tingkat nasional. Target tersebut semakin meyakinkan karena sesuai dengan visi kepala desa dan sekaligus Tim Pengabdian ini menjadi Staf Ahli Pendamping dalam struktur organisasi Pokdarling Desa, dan hal ini penting sebagai wujud keberlanjutan program pengabdian Unimed di masyarakat ke depan.” (Humas Unimed/ds)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW