Close

" The Character Building University "

Prodi Sastra Indonesia Terima Visitasi Tim Assessor BAN-PT

Prodi Sastra Indonesia menerima visitasi tim assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Adapun tim assessor tersebut adalah Dr. Pujiharto, M.Hum. (Universitas Gajah Mada) dan Dr. Maman Suryaman, M.Hum. (Universitas Negeri Yogyakarta).

Kegiatan visitasi akreditasi tersebut dilaksanakan pada 3-5 Oktober 2019. Asesor BAN-PT melakukan sejumlah verifikasi dan pendalaman terkait borang akreditasi prodi Sastra Indonesia. Tim assesor juga bertemu dan berdiskusi dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni prodi sastra Indonesia. Aspek yang di visit oleh asesor BAN-PT adalah 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Tim asesor mengajukan sejumlah pertanyaan seperti proses belajar mengajar (praktikum, penelitian dan sebagainya), penelitian yang terkait visi Prodi Sastra Indonesia, kemampuan lulusan dalam dunia kerja, dan lainnya. Kegiatan visitasi dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa fasilitas yang tersedia seperti perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium, sarana dan prasarana.

Kedatangan assessor disambut baik oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes. di ruang kerjanya (4/10). Didampingi oleh Wakil Rektor, Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum. dan Wakil Dekan FBS, Kajur Bahasa dan Sastra Indonesia, Kaprodi Sastra Indonesia dan Ketua LPPMP Unimed Dr. Isda Pramuniati, M.Hum.

Dr. Syamsul Gultom, M.Kes. mengatakan selamat datang di kampus hijau Unimed, semoga memberi kesan baik kepada para assesor. Akreditasi ini merupakan salah satu indikator kualitas sistem pendidikan dan fasilitas pendukung dalam kegiatan belajar mengajar Prodi Sastra Indonesia sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam dunia kerja dan untuk masyarakat pada umumnya.

Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum. mengatakan “Dalam rangka akreditasi BAN PT melakukan visitasi melalui tim Assesor. Kami optimis hasil visitasi prodi sastra Indonesia nantinya mendapatkan hasil terbaik. Kita sudah mempersiapkan borang yang dibutuhkan dan indikator lainnya yang akan dinilai, kami berharap dengan akreditasi ini, meningkatan mutu dan kualitas layanan pendidikan, guna menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing.”(Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW