Close

" The Character Building University "

UPT Bimbingan Konseling Latih Keterampilan Dosen PA

UPT Bimbingan Konseling melaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan dosen pembimbing akademik (PA) dalam rangka peningkatan kualitas layanan bimbingan akademik bagi dosen penasehat akademik dalam membantu permasalahan mahasiswa-mahasiswi melalui pendekatan multikultural di lingkungan Unimed. Acara tersebut digelar di Ruang VIP Lt. I Gedung Serbaguna Unimed (3/10). Turut hadir Ketua UPBK Prof. Dr. Abdul Munir, M.Pd, dan puluhan dosen perwakilan dari setiap fakultas dilingkungan Unimed. Narasumber yang memberikan materi dalam pelatihan ini adalah : Prof. Dr. Abdul Munir, M.Pd, Prof. Dr. Asih Menanti, MS, Dra. Zuraidah Lubis, M.Pd. Kons, Dra. Rahmulyani, M.Pd. Kons.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Restu, MS. Pada kesempatan tersebut, Dr. Restu, MS. mengatakan kegiatan ini sangat penting bagi dosen PA untuk menunjang prestasi akademik mahasiswa. Saya berharap agar para dosen PA nantinya dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat mengaplikasikannya. Semoga dapat meningkatkan kualitas layanan bimbingan akademik di lingkungan Unimed. Setiap dosen di Unimed pasti menjadi dosen PA bagi beberapa mahasiswa di program studi nya. Dosen PA bagi mahasiswa merupakan orang tua nya di kampus, maka selayaknya dosen PA harus memberikan perhatian yang baik bagi mahasiswa yang dibimbingnya agar sukses secara akademik dan sukses masa depan.

Prof. Dr. Abdul Munir, selaku ketua panitia acara dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesungguhan Unimed dalam membina dosen PA untuk mendukung kualitas proses pembimbingan akademik kepada mahasiswa dan mendorong kesungguhan belajar. Keterampilan membimbing ini merupakan suatu cara yang simpati dan memerlukan kelapangan dada bagi para dosen dalam proses komunikasi verbal dan non-verbal dengan mahasiswa. Proses tersebut diharapkan dapat memberi pengaruh terhadap keinginan mahasiswa untuk berkonsultasi kepada dosen PA nya. Sehinga mahasiswa senang dan mendapat sesuatu yg bermanfaat bagi dirinya disaat mendapat bimbingan dari dosen PA nya. Agar dosen PA dapat memiliki keterampilan dasar dalam membimbing ini, maka UPBK berupaya memberikan pelatihan agar proses pembimbingan akademik kepada mahasiswa dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Pelatihan ini akan diarahkan untuk membekali dosen PA dalam memiliki keterampilan dasar membimbing mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Dampak dari pelatihan ini akan tergambar dari semakin semangatnya dan semakin senangnya mahasiswa berkonsultasi dengan dosen PA nya. (Humas Unimed/eo nl)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW