Close

" The Character Building University "

Rektor UNIMED Bekali DPL dan Guru Pamong untuk Sukseskan PPLT 2019

UNIMED melaksanakan pembekalan kepada puluhan dosen pendamping lapangan (DPL) dan guru pamong Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) tahun 2019 di VIP Room Serbaguna Unimed, Selasa (17/9). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi pelaksanaan PPLT di sekolah masing-masing.

Pada kegiatan tersebut turut hadir, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes., bersama wakil rektor, Ketua LPPM Dr. Kustoro Budiarta, ME., Dekan, staf Wakil Rektor Bidang Akademik, Dosen pembimbing dan puluhan guru pamong dari berbagai sekolah di Sumatera Utara.

Program PPLT sendiri hanya diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2015 dan angkatan sebelumnya, karena dengan berlakunya kurikulum KKNI bagi mahasiswa angkatan 2016 dan angkat berikutnya maka PPLT sudah ditiadakan. PPLT bagi angkatan 2015 dilaksanakan mulai dari tanggal 23 September – 7 Desember 2019.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes., menyampaikan perlunya pembekalan dalam menyamakan persepsi pelaksanaan PPLT di sekolah. “Perlu diketahui bahwa PPLT ini merupakan tanggung jawab bersama antara Unimed dan Sekolah. PPLT dikelola secara baik dengan menjalin kerjasama dengan sekolah, dinas pendidikan, dan pemerintah daerah. Mahasiswa harus dibimbing secara intensif dan sistematis oleh guru pamong dan dosen pembimbing yang memenuhi syarat. Mahasiswa tidak boleh dilepas begitu saja disekolah atau diserahkan sepenuhnya kegiatan pembimbingan kepada guru pamong. Mahasiswa dibimbing dalam kegiatan yang berhubungan dengan meningkatkan kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial yang mencakup pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku keguruan dengan segala aspeknya. Mahasiswa harus melaksanakan tugas-tugas yang diberikan guru pamong sesuai dengan bidangnya. Mahasiswa berkonsultasi dan menjadi penghubung antar dosen pembimbing dan guru pamong dalam menentukan supervisi dan ujian praktek mengajar. Dan yang terakhir mahasiswa harus mengikuti aturan yang berlaku di sekolah maupun masyarakat dan menjaga nama baik Unimed.”

Dalam laporan Ketua Panitia, Jamalum Purba, M.Si. mengatakan Lokasi PPLT tahun 2019 ini sebanyak 21 sekolah mitra, dengan rincian : PAUD (1), SD (2), SMP (3), SMA/MA (6), dan SMK (9). Mahasiswa PPLT terdiri dari 7 Fakultas meliputi FIP (BK, PAUD, PGSD), FBS (Pend. Bahasa Indonesia, Pend. Bahasa Francis, Pend. Tari, Pend. Musik), FIS (Pend. Sejarah, Pend, Antropologi, Pend. Geografi dan PPKn), FMIPA (Pend. Kimia, Pend. Fisika, dan Pend. Matematika), FT (PKK, Pend. Tata Rias, Pend. Tata Boga, Pend. Tata Busana, Pend. Teknik Bangunan, Pend. Teknik Mesin, Pend. Teknik Otomotif, Pend. Pend. Teknik Elektro) FE (Pend. Ekonomi, Pend. Bisnis), FIK (PJKR dan Pend. Kepelatihan). Pelaksanaan PPLT dengan 34 DPL dan 68 guru pamong. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW