Close

" The Character Building University "

Perdana, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Unimed Laksanakan Ujian Kompetensi Level B1 di Medan

Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed laksanakan Ujian Standar Internasional Bahasa Jerman Level B1 untuk pertama kalinya di Medan pada tanggal 10-11 September 2019. Ujian ini diikuti oleh 55 peserta yang terdiri dari 41 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed dan 14 orang mahasiswa HKBP Nomensen Siantar, dengan menghadirkan 6 orang penguji langsung dari Goethe Institut, yaitu Phillip Schmeußer, Risa Natalia, Sudiarno, Ann Maria Wartono, Listya Sungkono, dan Welly Kristianto. Untuk mensukseskan kegiatan ini dibentuk panitia pelaksanaan ujian B1 yang terdiri dari 10 orang Mahasiswa, dosen dan Lektor Bosch Foundation Jerman, Alessandro Gullo, M.A.

Kegiatan Ujian Standar Internasional Bahasa Jerman Level B1 ini merupakan salah satu bentuk kerjasama yang sudah dirintis oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed, Hafniati, M.A dengan Goethe Institut.

Hafniati, M.A mengungkapkan “kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi berbahasa Jerman mahasiswa/lulusan prodi bahasa Jerman. Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh mahasiswa bahasa Jerman yang mengikuti ujian tersebut lulus dan memperoleh Sertifikat Bahasa Jerman Level B1 Internasional, yang berlaku diseluruh negara sebagai standar kemampuan bahasa jerman, yang menjadi salah satu syarat lulus dari Universitas Negeri Medan.”

Lanjutnya, “Dengan sertifikat B1 tersebut alumni prodi pendidikan bahasa Jerman dapat belajar, berkarir dan bersaing di dunia internasional. Kegiatan ini juga menjadi standar para dosen di prodi pendidikan bahasa jerman akan capaian pembelajaran pada semua mata kuliah, menyesuaikan perangkat dan produk pembelajaran serta model yang digunakan sesuai standar internasional sehingga mahasiswa manpu lulus dengan kriteria baik level B1 tersebut.”

Harapan kedepannya, “Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNIMED dapat menjadi tempat penyelenggara ujian B1 standar internasional setiap tahun. Sehingga mahasiswa tidak harus ke Goethe Institut Jakarta untuk melaksanakan ujian Internasional Bahasa Jerman Level B1. Ini membuktikan bahwa pihak eksternal mengakui kredibilitas dan akreditasi prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed sudah standar secara nasional dan internasional.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW