Close

" The Character Building University "

UNIMED Sambut Mahasiswa Program PERMATA-SAKTI dan DARMASISWA RI Tahun 2019

Medan- Unimed menyambut mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit Dengan Teknologi Informasi (Permata Sakti) dan Darmasiswa RI untuk tahun akademik 2019/2020 di Ruang Sidang A Lt. III Gedung Pusat Administrasi Unimed pada 6 September 2019.

PERMATA-SAKTI merupakan program pertukaran mahasiswa di beberapa universitas pilihan di Indonesia. Pelaksanaan program ini adalah tahun kelima sejak dibukanya program PERMATA untuk LPTK. Pada program ini diikuti oleh 3 orang dari mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), 1 orang dari mahasiswa Universitas Negeri Manado (UNIMA), 2 orang dari mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 2 orang dari mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), 2 orang dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan 2 orang dari mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sementara dari Program Beasiswa Darmasiswa RI tahun 2019 ada dari Iraq dan Sudan.

PERMATA-SAKTI ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia melalui pembelajaran antar budaya sehingga meningkatkan kecintaan NKRI, mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa yang memiliki karakter Pancasila agar siap bergaul secara kooperatif dan kompetitif dengan bangsa-bangsa lain di dunia demi martabat bangsa melalui pembelajaran terpadu, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar diperguruan tinggi lain melalui transfer kredit dan perolehan kredit, meningkatkan mutu kualitas pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif masing-masing perguruan tinggidan menerapkan pembelajaran media daring dan jarak jauh untuk meningkat mutu dan akses mahasiswa.

Acara orientasi kampus dan budaya lokal tersebut dihadiri oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes., Wakil Rektor II Dr. Restu, MS., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph. D., Dekan dan Wakil Dekan se-Lingkungan Unimed, Kepala Biro Umum dan Keuangan Herawati Br.Ginting, S.Pd, M.Pd., Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Anwar Sujahri, SE., Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Yan Azhari, SE, M.Pd., Kasub UPT. TIK Yusri Effendi, S.Pd., Kasub Kerjasama Siti Aminah, S.Sos. dan 14 mahasiswa PERMATA-SAKTI dan Darmasiswa RI.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes. mengatakan “Unimed pada hari ini secara resmi menerima kedatangan 12 mahasiswa yang berasal dari 6 LPTK dan 2 mahasiswa dari Program Darmasiswa. Selamat datang di Unimed kepada mahasiswa terbaik Indonesia.”

Selanjutnya Rektor berpesan, “Adik-adik mahasiswa mulai tanggal 19 Agustus yang lalu sampai satu semester kedepan, adik-adik akan tercatat secara administrasi sebagai mahasiswa Unimed. Adik-adik akan mengikuti perkuliahan secara resmi di Unimed. Tinggalkan sementara kampus asal, segera beradaptasi dengan budaya dan lingkungan Unimed. Dengan mempelajari budaya di Unimed dan Sumatera Utara, diharapkan adik-adik memiliki jiwa nasionalisme yang baik , silahkan eksplorasi potensi diri di Unimed , ambil segala apa yang baik dan manfaatkan pengalaman belajar di Unimed. Dan kepada Mahasiswa Darmasiswa RI kami harapkan dapat menambah pengetahuan mengenai Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kami mengucapkan selamat datang dan selamat belajar di Universitas Negeri Medan.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW