Close

" The Character Building University "

PEMKAB TOBASA & SAMOSIR MoU Dengan UNIMED

24/05/2016

Balige – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dan Samosir melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan kampus terbaik Sumatera Utara yakni Universitas Negeri Medan dalam hal peningkatan SDM dan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Penandatanganan MoU antara Pemkab Toba Samosir dilaksanakan di SMKN 1 Balige pada Sabtu (21/05). Penandatangan sejumlah kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Wakil Bupati Tobasa Ir. Hulman Sitorus, M.M dengan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Sedangkan Penandatanganan dengan Pemkab Samosir dilaksanakan pada senin, (23/5) di Ruang Sidang A Biro Rektor Unimed. Hadir langsung Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, dan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. penandatanganan kedua MoU tersebut disaksikan oleh unsur Muspida kedua pemerintahan tersebut, sedangkan dari Unimed, ikut menyaksikan seluruh pimpinan Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs dan fungsionaris dilingkungan Unimed.

Pemkab Tobasa dan Samosir melakukan MoU ini dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan. Unimed sebagai kampus yang konsen melahirkan insan-insan pendidik profesional yang siap mengabdikan dirinya disemua daerah dibidang pendidikan.Pemkab Tobasa dan Samosir melangkah cerdas dengan menggandeng Unimed untuk melakukan upaya menuju kemajuan Samosir yang maju dan mensejahterakan masyarakat.

Selain penandatangan MoU, Pemkab Tobasa juga menyelenggarakan seminar pendidikan dengan pembicara tunggal Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom. Sebanyak ribuan peserta mengikuti seminar tersebut, yang terdiri dari guru-guru, kepala sekolah hingga SKPD se-Kab. Tobasa. Turut hadir juga Sekda Tobasa Drs. Audi Murphy O. Sitorus, SH., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Balige, Kepala Pengadilan Negeri Balige, Ketua DPRD Tobasa, DPRD Komisi C, Pewakilan dari Polres Kab. Tobasa, Kadispend Kab. Tobasa Lalo H. Simanjuntak, Kepala Bank Sumut Tobasa, Hadir juga dari Unimed ; para Wakil Rektor, Dekan FIPFIK, Wakil Dekan II FIK serta staf ahli WR IV.

Pada seminar sehari tersebut, Prof. Syawal Gultom mengatakan, upaya pembangunan daerah mulai dari peningkatan mutu pendidikan di sekolah, karena dari sekolah pendidikan berlangsung. Guru sebagai motor dari pendidikan di sekolah haruslah profesional, tidak asal-asalan dalam mengajar, guru mesti mengutamakan keberhasilan siswanya. Meningkatkan kualitas guru akan melahirkan generasi yang berkualitas pula. Guru diharapkan lebih mengutamakan perbaikan moral dan perilaku daripada pengetahuan. Karena tanpa penguatan moral dan sikap yang baik, pengetahuan tidak akan berdampak baik dan berguna bagi orang banyak. Setiap guru harusnya memberikan inspirasi kepada siswanya, setiap mata pelajaran dapat memberikan nilai-nilai luhur yang dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Ir. Hulman Sitorus, M.Mselaku Wakil Bupati Tobasa mengatakan, guru adalah sebuah potensi yang memiliki posisi yang sangat strategis dan penting untuk menentukan kemajuan perkembangan suatu bangsa. Poin penting yang harus diperhatikan karena profesi guru sangat strategis, memiliki kompetensi yang baik, kedepan guru-guru harus dibekali dengan kompetensi dan harus profesional. Berupaya menambah kompentensinya seperti kemampuan paedagogi, kemampuan kepribadian, kemampuan profesional, dan kemampuan sosialnya.

Lanjut Hulman Sitorus, melalui MoU ini, kita Pemkab Tobasa memiliki harapan besar yakni akan lahir berbagai kegiatan yang mengarah untuk kemajuan mutu pendidikan dan peningkatan kompetensi guru lebih profesional. Bersama Unimed kita akan rancang berbagai kegiatan tersebut secara baik untuk mencapai tujuan secara maksimal agar mutu dan kualitas pendidikan di Tobasa terus maju menuju prestasi yang membanggakan masyarakat. Pendidikan dalam suatu daerah merupakan unsur terpenting menuju kemajuan dan kemakmuran masyarakat. Oleh karena itu Pemda akan dorong tidak hanya dari sisi pendanaan, namun harus ada kegiatan terstruktur dan kontiniu dalam hal pelatihan dan perancangan pendidikan secara baik. Bersama Unimed kita yakin bisa mencapai harapan kita semua dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan di Tobasa.

Pemkab Samosir

Kemudian Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, dalam penandatanganan MoU di kampus Unimed,berharap kerjasama ini berlanjut pada kegiatan-kegiatan teknis di lapangan, seperti peningkatan mutu pendidikan di sekolah, peningkatan kualitas guru dan memberikan masukan pada rencana strategis pembangunan (resbang) Samosir dalam hal pendidikan. Pemkab Samosir memiliki kepentingan melalui MoU dengan Unimed ini, karena kita sangat konsen dan serius dalam memajukan pendidikan. Untuk memajukan pendidikan di Samosir, tentu perlu lembaga pendidikan profesional yang harus kita gandeng. Maka kita percaya dengan kampus terbaik di SUMUT yakni Unimed untuk berkenan membantu kita dalam merancang pendidikan, melatih para guru dan kegiatan lain untuk menuju pendidikan Samosir yang maju dan bermutu.

Lanjut Rapidin, semoga MoU ini cepat kita realisasikan dalam aksi nyata. Saya percayakan kepada Kadis Pendidikan Samosir untuk terus berkordinasi dengan Unimed dalam merancang berbagai hal agar tujuan untuk memajukan kualitas dan mutu pendidikan bisa dicapai dalam waktu dekat. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Unimed adalah kampus tepat kita gandeng dalam mencapai cita-cita pembangunan dari sektor pendidikan di Tobasa.

Sementara Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Bupati Samosir dan Wakil Bupati Tobasa karena memiliki kepedulian yang tinggi untuk memajukan mutu dan kualitas pendidikan didua daerah tersebut. Kami sangat siap kerja sama dalam mewujudkan impian bapak Bupati Samosir dan Tobasa. Melalui potensi SDM yang kami miliki, kita siap melakukan aksi cepat dalam merealisasikan MoU ini dalam kegiatan-kegiatan nyata berbagai pelatihan kepala sekolah, pengawas sekolah, guru-guru dan siswa dalam menambah berbagai kompetensi untuk memajukan mutu dan kualitas pendidikan. Tidak hanya dibidang pendidikan, Unimed juga siap bekerjasama melakukan kegiatan lain dibidang peningkatan SDM SKPD dan pegawai, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama untuk memajukan masyarakat yang sejahtera dan bahagia. Semoga MoU ini akan bermanfaat baik bagi Pemkab Samosir dan Tobasa dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan, serta pada sektor lainnya. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW