Close

" The Character Building University "

Upacara HUT RI ke-74, Rektor UNIMED Tegaskan Membangun Negeri dari Sekolah

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke  74 Universitas Negeri Medan melaksanakan upacara yang bertempat di Lapangan Serbaguna UNIMED, Sabtu (17/8/2019). Upacara dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., para Wakil Rektor, Dekan seluruh fakultas, wakil dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Senat Universitas, Kepala Biro, Kepala dan Ketua Lembaga/Unit, seluruh dosen dan pegawai di lingkungan Unimed, serta ratusan mahasiswa PPG SM3T, mahasiswa berprestasi UNIMED dan ribuan mahasiswa baru Unimed T.A. 2019/2020.

Upacara HUT ke -74 RI Tahun 2019 mengusung tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”, Rektor UNIMED pada kesempatan tersebut membacakan sambutan dari MENRISTEKDIKTI Mohammad Nasir menjelaskan Tema ini mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0. Dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas.

Setelah membacakan sambutan dari MENRISTEKDIKTI, Prof. Syawal juga memberikan pidato singkat. Prof. Syawl mengatakan Upacara HUT RI ke-74 ini merupakan upacara yang paling berkah karena upacara ini dihadiri oleh seluruh dosen, karyawan unimed, mahasiswa baru, mahasiswa berprestasi, kaprodi berprestasi dan dosen berprestasi. “Di upacara kali ini marilah kita bersama mengevaluasi diri kita, sekarang kita ada dimana dan akan sedang menuju kemana di masa mendatang. Karena itu UNIMED harus melakukan perubahan inovasi pembelajaran. karena kita sadar betul bahwa produk utama UNIMED adalah lulusan. Mahasiswa adalah masa depan negara ini merekalah yang akan membangun negara ini.,” ujar Prof. Syawal.

Lebih lanjut Prof. Syawal mengatakan “Karena itulah pada tahun ini kita mencoba dengan menginovasi blended learning dan juga kita mengintegrasikan karya-karya dosen dengan mahasiswa. Penelitian dosen juga melibatkan mahasiswa. Hal ini kita lakukan untuk memberikan respon positif sehingga menghasilkan semangat belajar yang tinggi. Kita harus mempersiapkan mahasiswa kita untuk menghadapi era 4.0. kita bekali mereka dengan kemampuan belajar. Karena mahasiswa-mahasiswa inilah kita titipkan negeri ini. Presiden mempunyai tujuan SDM UNGGUL INDONESIA MAJU. Dalam hal ini UNIMED mempunyai peran penting karena UNIMED sebagai LPTK menghasilkan guru-guru yang akan membangun negeri ini. Tidak mungkin dapat membangun negeri dari sekolah karena itulah slogan kita “Membangun Negeri dari Sekolah.”

“Bagi saya upacara ini merupakan forum rapat terbesar karena itulah saya menyampaikan pidato singkat ini sehingga kita semua dapat mengevaluasi diri kita,” tutup Prof. Syawal.

Perayaan upacara HUT RI ke-74 juga dimeriahkan dengan pemberian kepada kaprodi, dosen dan tenaga kependidikan berprestas, penghargaan kepada mahasiswa berprestasi Unimed, serta penyerahan beasiswa dari KPRI dan bagi-bagi hadiah untuk mahasiswa baru UNIMED. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW