Close

" The Character Building University "

FIK UNIMED Revitalisasi Kurikulum, Perkuat Implementasi KKNI

Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK Unimed) perkuat implementasi Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) kepada puluhan dosennya di Lt. II Aula FIK Unimed (16/8). Acara tersebut dibuka oleh Dekan FIK, Dr. Budi Valianto, M.Pd. didampingi oleh Wakil Dekan dan fungsionaris FIK.

Kegiatan tersebut menghadirkan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd. sebagai narasumber. Pada paparannya, Rektor mengatakan “Dosen tidak hanya memberi perkuliahan dan ilmu pengetahuan saja, akan tetapi harus dapat memberikan masa depan kepada mahasiswanya. Ditangan seorang pendidik, masa depan mereka dibentuk. Oleh karenanya, mahasiswa harus tau apa yang menjadi tujuannya setelah lulus nantinya. Dari sekarang sudah didaftar apa saja yang menjadi peluang kerja bagi lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan.”

“Kurikulum berbasis KKNI harus dapat menjawab tantangan era revolusi industri 4.0., dimana semuanya sudah berbasis teknologi dan digitalisasi. Dosen-dosen saat ini harus bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan dapat menguasai IT, Foundational Literacy, Compentencies dan Character Quality. Jika tidak, bagaimana bisa beradaptasi dengan perubahan jaman. Perkuliahan harus dapat mengembangkan ways of thinking, ways of working, tools of working, dan living in the world. Mata kuliah yang tidak lagi relevan dengan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat, sebaiknya tidak lagi diajarkan. Harus ada inovasi dan pengembangan dalam menyusun perkuliahan. Sehingga implementasi dari KKNI dapat membuahkan hasil yang diharapkan, seperti peningkatan mutu kualitas dosen, mahasiswa dan tendik. Selain itu, kurikulum KKNI bisa diintegrasikan menjadi produk penelitian dan pengabdian masyarakat, PKM, penulisan jurnal, seminar, dan publikasi ilmiah nasional dan internasional dan penelitian lainnya,” tegas Prof. Syawal.

Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. berharap dengan adanya workshop ini dapat membantu para dosen menyusun dan merevitalisasi kurikulum berbasis KKNI yang disesuaikan dengan menyesuaikan dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan peluang dunia kerja. Kami mewakili FIK Unimed mengucapkan terima kasih kepada Rektor yang berkenan hadir sebagai narasumber, semoga kegiatan ini akan menghasilkan kebijakan terbaik untuk pengembangan Prodi, FIK dan Unimed menjadi PTN Unggul dan berprestasi di negeri ini. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW